Formula 1 GP Azerbaijan Dipastikan Berlangsung Tanpa Penonton

Formula 1 GP Azerbaijan Dipastikan Berlangsung Tanpa Penonton

KabarOto.com - Promotor Grand Prix Azerbaijan telah mengumumkan bahwa balapan Formula 1 di Sirkuit Kota Baku akan berlangsung secara tertutup, tanpa kehadiran penonton. Musim lalu, GP Azerbaijan menjadi salah satu dari balapan F1 yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19.

Namun musim ini, F1 kembali mencatat Sirkuit Baku ke dalam jadwal balapan yang jatuh pada 4-6 Juni. Tetapi, Jumat kemarin (05/03), Baku City Circuit Operations Company (BCC) merilis pernyataan yang mengumumkan bahwa GP Azerbaijan akan digelar tertutup.

Baca juga: Warna Baru Mobil HAAS VF-21, Kental Bendera Rusia

“Keputusan ini diambil karena masalah kesehatan dan keselamatan sedang berlangsung yang diakibatkan virus Corona, setelah konsultasi panjang antara BCC, pemerintah Azerbaijan, F1 dan FIA,” ujar pernyataan BCC.

Direktur Sirkuit Baku, Arif Rahimov juga mengatakan bahwa ini bukan keputusan mudah, karena mereka sangat ingin melihat penonton datang langsung menyaksikan F1. “Tentu kami senang menyambut F1 kembali ke Baku setelah periode yang sulit. Namun, kami ingin memastikan bahwa kesehatan dan keselamatan tetap menjadi prioritas. Kami harap bisa menyammbut penonton pada 2022,” katanya.

Baca juga: Resmi, Formula 1 Isi Jadwal 2 Mei Dengan GP Portugal

GP Azerbaijan jadi balapan pertama yang secara resmi mengonfirmasi gelaran F1 2021 akan berjalan tanpa penonton.

Pada Kamis kemarin (04/03), Bahrain mengumumkan bahwa mereka akan menggelar balapan pembuka musim F1 2021 dengan kehadiran penonton.

Namun, ada persyaratan seperti penonton yang datang ke GP Bahrain harus sudah divaksinasi, dan tidak menunjukkan reaktif atau telah pulih sepenuhnya dari Covid-19 setidaknya lebih dari dua minggu sebelum balapan pada 28 Maret mendatang.