POPULAR STORIES

Ford Bangun Pabrik Penghasil Mesin Mobil Listrik Di Inggris

Ford Bangun Pabrik Penghasil Mesin Mobil Listrik di Inggris

KabarOto.com - Ford Eropa telah menghabiskan $315 juta untuk investasi pabriknya di Halewood yang berlokasi di barat laut Inggris untuk mempersiapkan peralihan menuju penjualan mobil listrik pada 2030.

Saat ini, pabrik Merseyside memproduksi unit transmisi untuk Ford Focus dan Fiesta, tetapi mulai tahun 2024 juga akan membangun powertrain EV untuk kendaraan Ford generasi berikutnya yang dijual di Eropa.

Ford mengklaim bahwa 100% dari mobil penumpang dan dua pertiga dari kendaraan komersialnya yang dijual pada tahun 2030 akan sepenuhnya listrik atau PHEV, dan investasi ini akan membantu memenuhi permintaan konsumen dengan produk 250.000 unit kendaraan listrik per tahun.

Baca juga: Ford Hadirkan Mustang Stealth Edition Dan California Special

Selain itu, Ford juga mendapatkan suntikan dana $18 juta yang diberikan oleh Dana Transmisi Otomotif (ATF) pemerintah Inggris, yang juga telah memberikan bantuan keuangan untuk pabrik baterai Nissan di Sunderland, dan Pelabuhan Stellantis Ellesmere.

Langkah Ford memberikan keamanan ekstra kepada 700 pekerja di pabrik Halewood. Prospek pekerjaan masa depannya sempat goyah sampai Ford mengakhiri usaha patungannya dengan Magna PT dan mengambil alih pabrik sepenuhnya pada bulan Maret tahun ini. Pada 2019 Ford mengumumkan penutupan pabrik Bridgend di Wales dengan hilangnya 1.700 tenaga kerja.

Baca juga: Ford Kirim Teknisi Untuk Perbaiki Fasilitas Pengisi Daya Mobil Listrik

Inggris merupakan kandidat potensial untuk lokasi fasilitas gigafactory pertama Ford, dan akan bermitra dengan Korea SK Innovation. Bulan lalu, keduanya mengungkapkan rencana investasi besar-besaran senilai $11,4 miliar untuk pabrik baterai baru di Amerika Serikat.

Hampir 11.000 lapangan pekerjaan akan tercipta ketika fasilitas di Stanton, Tennessee, dan Glendale, Kentucky, mulai beroperasi pada tahun 2025.