Ford Bronco DR, Petarung Gurun Pasir

Ford Bronco DR, Petarung Gurun Pasir

KabarOto.com - Para petarung offroad akan ada pilihan anyar untuk tunggangan musim 2023, merupakan factory built yakni Ford Bronco DR atau kepanjangan dari Desert Racer.

Dibentuk sebagai truk khusus balap, Bronco DR merupakan rancangan desain Ford Performance serta dibantu dari para ahli offroad. Berbasis dari Bronco 4 pintu, dirombak memakai jubah unik, dan modifikasi sasis untuk menerjang gurun ketika kecepatan tinggi.

Baca juga: Ford Boyong 5 Mustang Unik Ke SEMA Show 2021



Safety cage Multimatic FEA diintegrasikan tabung OE ACCRA sehingga bisa memberikan perlindungan untuk dua orang di kokpit. Di dasbor dihadirkan layar Motec C187 untuk sajikan berbagai informasi tentang kondisi kendaraan, ditambah CAN data dengan pilihan akses cloud-base data.

Disematkan teknologi suspensi Multimatic Positional Selective DSSV Dampers dan Multimatic safety cage yang membuat Bronco DR sigap hadapi berbagai kondisi jalan. Ditambah High-Performance Off-Road Stability Suspension (H.O.S.S.).



Jarak main suspensi depan kini bertambah 55,1% atau mencapai 15,8 inci, sedangkan untuk belakang bertambah 58,6% menjadi 17,4 inci. Aproach angle bersudut 47 derajat dan departure angle 37 derajat, serta brakeover angle 33 derajat.

Distribusi bobot juga kian mantap karena jarak pijak roda depan 73,7 inci dan 73,3 inci di belakang. Bobot kendaraan dikabarkan hanya 2.800 kg. Ban gunakan BFGoodrich Mud Terrain T/A KM3 37x12,5 R17.

Memakai kompon Krawl-TEK guna sajikan cengkeraman di batu dan melekat di permukaan, sedangkan Linear Flex Zone sajikan pijakan mantap ketika tekanan angin dikurangi.



Muntahan performa dari instalasi mesin V8 berkapasitas 5.000 cc, diklaim bisa sajikan tenaga lebih dari 400 dk. Merupakan mesin generasi ketiga Ford Coyote digabungkan ke transmisi 10R80 dan electric shift on the fly dari Ford F-150. Torsi dikerahkan ke independent electronically locking front and rear differential, rasio final drive 4.70:1.



Panas ekstrem gurun pasir ditambah mesin yang dipacu, sistem pendinginan mesin sudah andalkan radiator besar penempatan di bagian belakang dan kisi udara besar untuk menurunkan suhunya. Tangki bahan bakar besar hingga 246 liter ditempatkan di area kargo.

Baca juga: Moonroof Bermasalah, Ford Bronco Sport Ditarik Kembali



Bagi peminat Bronco DR harus segera ikut antrian, karena kabarnya hanya dibuat 50 unit saja dan siap antar pada penghujung tahun 2022.