POPULAR STORIES

Ford Bronco R Race Prototype, Sambut Kejayaan Setengah Abad

Ford Bronco R Race Prototype, Sambut Kejayaan Setengah Abad Ford Bronco R

KabarOto.com - Ketangguhan Ford Bronco sebagai mobil pikap sudah terkenal sejak 50 tahun lalu saat memenangkan kompetisi offroad Baja 1000 tahun 1969. Jelang dihadirkannya kembali All new Broco oleh manufaktur 'Biru Oval', ditampilkan versi replika yang modern Bronco R race prototype.

Disandingkan dengan Bronco andalan Rod Hall dan Larry Minor kala itu yang hingga kini wujudnya masih terawat apik tanpa pernah dibuat replikanya.

Baca juga: Toyota Land Cruiser dan Ford Ranger Jadi Andalan Tokoh Utama di Film Terminator: Dark Fate

Ford Bronco R juga diuji di mana Bronco memenangkan Baja setengah abad lalu dengan jarak tempuh lebih dari 1.600 km lalui medan offroad yang ganas. Diyakini sekaligus menguji kemampuan mesin dan rancang bangun Bronco terbaru.

"Kemenangan Bronco di Baja 1000 adalah epik, sesuatu hal yang meskipun 50 tahun lagi tak bisa diulangi," ujar Hau Thai-Tang, Ford Chief Product Development and Purchasing Officer.

"Balap ketahanan yang menantang adalah bagian dari sejarah Bronco. Baja 1000 memberikan kami tak sekadar kemenangan kebanggaan bagi Rod Hall, tapi juga menjadikan tempat pengujian nyata untuk menunjukkan kemampuan dan daya tahan mobil balap gurun Bronco," yakinnya.

Paul Wraith selaku Bronco Chief Designer yang bertanggung jawab untuk menghadirkan mobil balap gurun terbaru Bronco R sejak bulan Juli lalu. Masih membawa aura Bronco lawas meski posturnya lebih panjang dan lebar.

Adapun Paul bersama timnya fokus agar tampilan dan kemampuannya bisa melibas semua halangan. Memang terlihat dominan postur yang tinggi dengan jarak main suspensi, tongkrongan superlebar Bronco R dipersangar dengan komponen aerodinamika untuk pendukung performa.

Bodi purwarupa berbahan komposit ringan terpasang pada kap mesin dan atap. Desain atap terpotong separuh memungkinkan pengendara dapat mengakses melalui baris kedua. Penerangan mengandalkan 15 batang sorotan LED dari Rigid dihiasi tulisan BRONCO di grill, sedangkan grafis "R" tampil memikat.

Fokus pada mobil balap, interior memakai bahan serba ringan salah satunya adalah jok Recaro untuk tiga penumpang. Ditambah lagi sistem MoTeC untuk memonitor secara real-time performa mobil.

Terdapat angka "2069" pada Bronco R, ini menandai mobil tersebut ikut di kelas "20" dan "69" merupakan penghormatan di mana tahun kemenangan Hall dan Minor di Mexican 1000 saat ini SCORE-International Baja 1000.

"Kakek saya sangat bangga ikutan balapan Baja 1969 dengan Bronco sebagai andalannya," ujar Shelby Hall. "Tak sekadar kenangan memenangkan Baja, dirinya sangat mencintai Bronco. Saya tak pernah meragukan dirinya pasti akan terkagum dengan Bronco R race prototype ini."

Baca juga: Siap-siap! Honda BR-V Bakal Kedatangan Dua Pesaing Baru

Bronco R race prototype tersebut dibuat dari rancang bangun Ford T6 yang akan menjadi basis mobil produksinya. Dibuat lebih tangguh untuk Baja, Bronco R disematkan suspensi independen dengan jarak main 14 inci dan sasis belakang five-link dengan jarak main 18 inci ditambah suspensi modifikasi lansairan Fox, pelek alumunium beadlock dan dibalut ban BFGoodrich berdiameter 37 inci.

"Seperti aslinya Bronco, kita mempertahankan Bronco R tampil otentik dan simpel, ditambah roll cage pada production-style frame serta lima lembar bodi ringan yang disatukan," ujar Brian Novak, Ford Performance Off-road Racing Supervisor.

Berita Terkait

Berita Terkait