Ford Buat Filter Udara Sederhana Untuk Perangi Covid-19

Ford Buat Filter Udara Sederhana untuk Perangi Covid-19

KabarOto.com - Ford telah menemukan cara murah untuk membantu mengurangi risiko penularan Covid-19 di dalam ruangan. Sistem ini dinamakan "Scrappy Filtration" oleh Project Apollo yang baru saja mendapat persetujuan di jurnal ilmiah Physics of Fluids.

Pembersih udara ini tidak membutuhkan biaya besar, karena kita bisa membuatnya sendiri menggunakan kardus sebagai wadahnya. Sistem tersebut hanya membutuhkan kipas kotak 20 inci dari Lasko, lalu komponen utama adalah filter memiliki tebal 4 inci dan memiliki nilai pelaporan efisiensi minimum 13.

Baca juga: Pulahan Ribu Ford Explorer Kena "Recall", Ini Penyebabnya

Ford dan Lasko menyumbangkan setidaknya 20.000 unit di antaranya ke distrik sekolah di Los Angeles, New York, dan di seluruh barat daya Michigan, Amerika Serikat.

“Kami ingin membantu komunitas yang kurang terlayani mengurangi risiko penularan Covid-19 yang ditularkan lewat udara dalam ruangan karena ventilasi buruk, dan sangat bagus untuk tidak hanya mengembangkan sesuatu yang dapat memenuhi tujuan itu, tetapi memiliki data untuk mendukungnya,” ujar Dr. Cynthia Flanigan selaku direktur penelitian dan teknologi kendaraan Ford.

Baca juga: Ford Explorer Timberline, SUV Keluarga Andal di Off-road

“Penjernih udara portabel berbiaya rendah, serupa dengan yang digunakan dalam pengujian kami, berdampak pada peningkatan kualitas udara dalam ruangan jika disesuaikan dengan ukuran ruangan. Penjernih udara portabel mungkin bermanfaat sebagai salah satu komponen pendekatan pencegahan berlapis, seperti menjauhkan diri, mencuci tangan, dan memakai masker, untuk melindungi individu dari penularan virus pernapasan.” kata Dr. Meng Kong, ilmuwan riset, Well Living Lab.