POPULAR STORIES

Ford F-150 Lightning Diklaim Bisa Suplai Listrik Selama 3 Hari

Ford F-150 Lightning Diklaim Bisa Suplai Listrik Selama 3 Hari Ford F-150 Lightning Dok: Ford)

KabarOto.com - Selain merupakan kendaraan ramah lingkungan, Ford F-150 Lightning diklaim sebagai mobil listrik yang memberikan keuntungan lebih untuk pemiliknya. Di mana, pikap double kabin ini mampu memasok listrik untuk keperluan rumah.

Ford Motor Company menawarkan dua opsi baterai untuk produknya ini, yakni 98 kWh dan 131 kWh. Pabrikan mobil asal Amerika Serikat ini mengklaim bahwa kapasitas baterai yang lebih besar ini, bukan hanya memberikan jarak tempuh kendaraan yang lebih jauh, tapi juga bisa mengaliri listrik rumah selama tiga hari.

Menurut keterangan Direktur Layanan Pengisian dan Energi Ford, Matt Stover mengatakan bahwa Ford F-150 Lightning membawa inovasi baru ke pelanggan, termasuk kemampuan untuk memberi daya rumah konsumen.

Baca juga: Ford Performance Rilis Teaser Mobil Balap Mustang GT3

“Kami bekerjasama dengan Sunrun, akan memanfaatkan keahlian mereka untuk menghadirkan tenaga surya ke lebih banyak pelanggan," jelas Stover.

Sebagai informasi, Sunrun merupakan perusahaan surya terbesar di Amerika Serikat. Dalam kemitraan tersebut, memungkinkan pikap yang menjadi lawan dari Hummer EV ini dianalogikan menjadi power bank untuk kebutuhan listrik rumah konsumen.

Baca juga: Toyota Tengah Siapkan Pesaing Ford F-150 Raptor!

Ford juga menjelaskan melalui paket baterai 131 kWh dapat memasok daya hingga 9,6 kW ke rumah. Berdasarkan penggunaan listrik rumah di Amerika Serikat, mereka rata-rata membutuhkan daya sebesar 30 kW per hari.

Untuk menggunakan Ford F-150 Lightning menjadi sumber daya baru untuk rumah konsumen, mereka harus memasang Sunrun Home Integration System yang memungkinkan mobil listrik ini untuk menyimpan dan memasok daya ke rumah dengan berbagai cara.

Sistem ini terdiri dari power inverter ditambah dengan baterai dark start dan sakelar transfer, sehingga memungkinkan aliran daya dua arah.