Ford Performance Rilis Teaser Mobil Balap Mustang GT3

Ford Performance Rilis Teaser Mobil Balap Mustang GT3 Teaser Ford Mustang GT3 (Dok: Ford)

KabarOto.com – Ford Performance berkolaborasi Multimatic dan M-Sport untuk membuat mobil balap baru berbasis Mustang yang akan mengikuti balapan GT3 global.

Direktur Global Ford Performance Motorsport, Mark Rushbrook mengatakan bahwa Mustang memang terlahir sebagai mobil balap dan kami senang memperkenalkan versi GT3 untuk bisa bersaing dengan pabrikan lain di dunia.

“Melalui pengalaman 58 tahun di balapan ketahanan global, termasuk Nascar dan Supercar Australia. Kami siap membawa Mustang ke level performa global berikutnya,” ungkap Rushbrook.

Baca Juga : Pembalap M-Sport Ford, Adrien Fourmaux Kecelakaan Besar

Mobil balap ini akan ditenagai oleh mesin V8 5.000 cc berbasis Coyote yang dikembangkan oleh Ford Performance dan akan dibuat oleh M-Sport. Tim berkolaborasi dengan Ford dalam pembangunan Puma Hybrid Rally1.

“M-Sport memiliki kekayaan dan kedalaman pengetahuan dan keahlian balap sirkuit, terutama dari program GT3 kami yang menggunakan mesin V8 yang dikembangkan M-Sport untuk GT3,” ungkap CEO M-Sport, Malcolm Wilson.

Mobil balap ini akan menggunakan suspensi depan dan belakang Short-Long Arm, memiliki gearbox transaxle yang dipasang di belakang, panel bodi serat karbon, dan akan mendapatkan paket aero unik yang dikembangkan untuk memenuhi target GT3.

Baca Juga : Berkat Tangan Dingin Hennessey, Ford F-150 Ini Bertenaga 600 Dk!

Joey Hand, salah satu pembalap Ford GT yang memenangkan kelas Le Mans 24 Hours GTE Pro 2016, akan menjadi salah satu test driver baru Mustang GT3.

Ford akan membalap dengan mobil Mustang GT3 yang didukung pabrik dan akan siap untuk menjalankan balapan Rolex 24 Daytona pada tahun 2024. Selain itu, Ford juga mengumumkan bahwa mereka akan mengembangkan versi terbaru dari mobil balap Mustang GT4 yang diharapkan memulai debutnya pada tahun 2023.