POPULAR STORIES

Ford Fiesta ST Edition Kian Lincah Dan Menawan, Disiapkan 500 Unit

Ford Fiesta ST Edition Kian Lincah dan Menawan, Disiapkan 500 Unit

KabarOto.com - Meski di Indonesia Ford Fiesta tak lagi eksis, tapi ternyata hatchback lincah berlambang Biru Oval ini punya pemuja dari kaum muda di wilayah Inggris.

Bahkan pada awal Oktober ini menyuguhkan versi mantap Ford Fiesta ST Edition. Diyakini mendapat sentuhan lebih berbeda selain dari tampilan kasat mata kelir Azura Blue.

Baca juga: Ukuran Bak Mobil Pikap di Indonesia, Mana yang Paling Besar



Pengendaraan lebih mantap berkat penataan ulang suspensi dan penggunaan pelek lebih ringan. Dipatikan membuat mobil lebih responsif dikendarai.

Kabarnya mobil tiga pintu ini didesain untuk para pemuja berkendara. Wajarlah bila Ford membuatnya terbatas 300 unit khusus Inggris dari total 500 unit untuk daratan Eropa.



Di bagian luar Fiesta ST Edition diberi penanda logo ST khusus. Tambahannya cukup banyak, seperti diffuser belakang, atap spoiler.



Perihal sentuhan berbeda juga dilakukan di interior Fiesta ST Edition ini. Adanya detailing efek serat karbon, jahitan berwarna biru. Ford Fiesta ST Edition lebih keren dengan lingkar kemudi Ford Performance dan disematkan tombol Sport Drive Mode.



Nürburgring Nordschleife menjadi kawah candra dimuka Ford Performance mengemas Fiesta ST Edition. Oh iya, postur mobil ini lebih rendah 15 mm di depan dan 10 mm untuk belakang. Hal berkat pemakaian pegas lebih keras.

Tapi tak sekadar keras, karena Ford mempersilakan pemiliknya melakukan penyetelan hingga 16 kelenturan pegas. Hal ini agar pengendara mendapat redaman optimal di jalur yang disukai.



Kaki-kaki didukung oleh pelek 18 inci desain 10 bilah. Meski ringan dan besar berbanding versi standar, diklaim konstruksi pelek mampu meredam redaman dan getaran ke permukaan jalan.

Quaife limited-slip differential (LSD) mengoptimalkan traksi roda depan dan kemampuan menikung. Sehingga saat keluar tikungan bisa lebih cepat, berkat dibantu teknologi Ford Torque Vectoring Control. Akan mengatur pengereman roda di bagian dalam saat di ajak menikung, bahkan ketika permukaan aspal terguyur hujan.

Baca juga: First Impression Toyota Sienta Welcab



Mesin bensin 1.500 cc EcoBoost disokong injeksi bahan bakar bertekanan tinggi. Twin-independent Variable Cam Timing mampu menata tenaga hingga 197 dk pada 6.000 rpm dan torsi 290 Nm pada 1.600-4.000 rpm.

Soal akselerasi, cukup tanggap 0-100 kpj bisa diraih 6,5 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya 230 kpj. Tenang, sistem pengereman sudah didudukung cakram berventilasi 278 mm bagian depan dan cakram solid 253 mm untuk belakang. Soal menebus unit, harganya £27.075 atau setara Rp517 juta.