First Impression Toyota Sienta Welcab

First Impression Toyota Sienta Welcab Toyota Sienta Welcab (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Tepat 17 Agustus lalu PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Toyota Sienta Welcab. Mobil ini didaulat sebagai kendaraan ramah disabilitas, bahkan sudah terpasang dua stiker terkait hal tersebut di bagian depan dan belakang mobil.

Dibandingkan dengan Sienta generasi sebelumnya, tampak Sienta Welcab ini tak memiliki banyak perubahan di eksteriornya. Memang di bagian interiornya yang punya banyak hal menarik.

Baca Juga: Ini Fitur Detail Toyota Innova TRD Sportivo Dan Sienta Welcab Yang Baru Meluncur

Toyota Sienta Welcab tak ada ubahan dimensinya, masih tetap membawa basis dari Sienta V dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.750 mm.

Pada bagian kaki-kaki, Sienta Welcab menggunakan pelek 16 inci dengan profil ban 195/50. Nah, untuk sistem pengeremannya mobil ini menggunakan cakram berventilasi di bagian depan dan cakram solid di bagian belakang.

Terkait tenaganya, Toyota Sienta Welcab menggunakan mesin 2NR-FE 4silinder DOHC dual VVT-i. Dengan kapasitas mesin 1.500 cc, tenaganya mencapai 107 dk pada 6.000 rpm, sedangkan torsinya 193 Nm pada 4.200 rpm.

Baca Juga: Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited Dan Sienta Welcab Hadirkan Fitur Kesehatan

Menengok interiornya, kabin Toyota Sienta Welcab didominasi warna hitam dengan list silver pada dasbornya. Beberapa penempatan tombol tampak berbeda nih Sob, seperti saat KabarOto duduk di kursi pengemudi, dibalik setirnya ada tombol AC belakang, purifier dan buka-tutup pintu sliding door yang bekerja secara elektrik.

Sementara itu, bagian setirnya hanya ada satu sisi yang terdapat tombol-tombol. Ini terintegrasi dengan head unit untuk volume dan track.

Selanjutnya pada bagian tengah dasbor terdapat head unit dengan layar berukuran 8 inci yang bisa terintegrasi dengan smartphone melalui bluetooth. Adapun fitur hiburan lainnya bisa terkoneksi dengan USB atau CD/DVD. Seperti mobil Toyota lainnya, Sienta Welcab juga sudah dilengkapi dengan fitur M-Toyota.

Bawah head unit ada pengaturan AC yang sudah digital dengan pengaturan suhu tombol putar. Serunya, Sienta Welcab dilengkapi dengan banyak bottle holder sebanyak 6 buah. Mobil ini memiliki kapasitas 5-penumpang dengan captain seat di baris keduanya.

Baca Juga: First Impression Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited

Mengingat Toyota Sienta Welcab adalah mobil ramah disabilitas, jok di sebelah kiri baris kedua bisa diatur menggunakan remote yang ada di sisinya hingga joknya keluar dari mobil. Fitur ini memang sangat membantu saat jok digunakan oleh disabilitas atau orang tua.

Di jok tersebut juga sudah dilengkapi papan untuk pijakan kaki, tapi bisa dilipat saat tak digunakan. Ini merupakan hal kecil yang penting, apabila tak ada papan tersebut kakinya pasti akan terseret-seret saat megatur jok keluar mobil.

Selain melalui remote bawaan dari mobil, pengaturan yang sama bisa dilakukan melalui aplikasi Seat Control. Koneksinya menggunakan bluetooth yang kodenya ada dibalik jok. Nah, jok yang bisa berputar ini tidak memiliki pengaturan jok pada umumnya, misalnya maju mundur.

Mengingat kapasitas jok hanya 5-penumpang, di baris ketiga hanya terdapat satu jok yang tersisa. Sayangnya, saat KabarOto mencoba masuk ke baris ketiga rasanya cukup sempit. Arm rest harus dilipat agar akses lebih lega, tapi saat duduk pun kaki tak terasa nyaman karena tak ada jarak yang tersisa.

Walaupun di baris ketiga hanya satu penumpang, tapi cup holder yang tersedia ada dua. Bagian kirinya sengaja dibuat kosong dan bisa digunakan untuk penyimpanan kursi roda atau barang bawaan lainnya.