Ukuran Bak Mobil Pikap Di Indonesia, Mana Yang Paling Besar

Ukuran Bak Mobil Pikap di Indonesia, Mana yang Paling Besar Kendaraan pikap menjadi penopang bisnis UMKM dan pelaku usaha perkebunan

KabarOto.com - Mobil pikap digunakan oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai kendaraan operasional mengangkut barang-barang dagangannya. Mobil pikap juga digunakan oleh pemilik perkebunan dan pertanian, untuk mengangkut hasil panen untuk dijual langsung ke pasar.

Beberapa pabrikan mobil membuat mobil pikap, karena peluang untuk menjual ke berbagai sektor bisnis sangat besar. Di Indonesia, ada beberapa pabrikan otomotif yang bermain di kendaraan komersial ini, sebut saja DFSk, Daihatsu dan Suzuki.

Baca Juga: Terjangkau, Sebegini Biaya Perawatan DFSK Super Cab

DFSK Super Cab

Semua menawarkan kelebihan, selain mesin biasanya pabrikan otomotif mengunggulkan daya angkut pikapnya. Nah bagi Anda yang ingin membeli mobil pikap sebagai pendukung usaha, KabarOto akan mengulas sedikit ukuran bak mobil komersial dari 3 merek mobil tersebut.

Dimulai dari DFSK, produsen mobil asal Tiongkok itu memiliki andalan lini komersil yakni DFSK Super Cab. Mobil ini didesain untuk mengangkut semua jenis barang. Super Cab dibekali bak berukuran 2.460 mm x 1.670 mm x 340 mm (PxLxT).

Menggendong mesin 4 silinder DOHC 1.500 cc, dan bisa mengangkut beban sampai 1,2 ton. Super Cab dengan mesin diesel 4 silinder turbo 1.300 cc bisa mengangkut beban hingga 1,4 ton.

Daihatsu Gran Max

Sementara itu, Daihatsu memiliki kendaraan komersial Gran Max. Selain blind van, jga hadir dengan versi pikap, memiliki ukuran bak 2.350 mm x 1.585 mm x 300/360 mm (PxLxT). Gran Max mengandalkan mesin 4 silinder DOHC 1.495 cc. Daihatsu belum memberikan informasi berapa beban maksimal untuk baknya namun di website resmi mereka tidak mencantumkan berapa maksimal beban muatan di bak belakang.

Nah yang terakhir adalah Suzuki Carry pikap, saat pandemik Covid-19 menjadi andalan penjualannya. Memiliki dengan ukuran bak 2.505 mm x 1.665 mm x 360 mm (PxLxT).

Suzuki Carry Pikap

Baca Juga: Banyak Digunakan UMKM, Penjualan Pikap Suzuki Merangkak Naik

Ukuran mobil ini lebih besar dari para kompetitornya. Mobil ini menggunakan mesin 4 silinder DOHC 1.500 cc, dan Suzuki mengklaim bak Carry bisa mengangkut beban hingga 1 ton.

Kesimpulannya ternyata Suzuki Carry pikap adalah mobil komersial dengan ukuran bak yang besar dikelasnya.