POPULAR STORIES

Ford Focus ST Edition Fokus Pada Performa, Dibanderol Rp871 Jutaan

Ford Focus ST Edition Fokus Pada Performa, Dibanderol Rp871 Jutaan Ford Focus ST Edition (Foto: Carscoops)

KabarOto.com - Ford Focus akan dihentikan produksinya pada tahun 2025. Sebagai salam perpisahan, pabrikan akan menghadirkan edisi khusus Focus ST Edition yang fokus pada performa di trek dan jalan raya.

Mirip dengan pendahulunya, Ford Focus ST Edition pra-facelift tahun 2021, model baru ini mengusung warna Azura Blue bergaya RS, dilengkapi dengan aksen High Gloss Black.

Masih mempertahankan pelek multi-spoke 19 inci, kini diklaim mengurangi massa unsprung sebesar 10 persen. Namun berbeda dari model sebelumnya, peleknya kini dipadukan ban Pirelli P Zero Corsa sebagai pengganti ban Michelin Pilot Sport 4S.

Baca Juga: Ford F-Max Select Edisi Khusus, Tersedia Hanya 400 Unit

Interiornya memadukan bahan kulit hitam dan Alcantara

Interior Ford Focus ST Edition

Interiornya menggunakan bahan kulit hitam dan Alcantara, dengan garis-garis putih serta jahitan Motion Blue pada jok bucket, setir, dan karpet lantai.

Perlengkapannya cukup banyak, termasuk sistem audio B&O dengan 10 speaker dan subwoofer, Driver Assist Pack, dan Winter Pack sebagai standar.

Peningkatan utama dari Ford Focus ST Edition adalah suspensi coilover dua arah yang dapat disesuaikan, dibuat oleh KW Automotive dan disempurnakan oleh Ford Performance di Nürburgring.

Dilengkapi dengan rem Brembo di gandar depan, kombinasi yang sebelumnya ditawarkan sebagai bagian dari Track Pack bersama dengan roda yang lebih ringan.

Suspensinya dilengkapi rumah peredam baja tahan karat tabung ganda dan pegas berlapis bubuk, diklaim 50 persen lebih kaku dibandingkan yang ditemukan pada Focus ST standar.

Selain itu, palka kompak telah diturunkan sebesar 10 mm, dengan opsi untuk penyesuaian lebih lanjut pada ketinggian pengendaraan sebesar 20 mm.

Baca Juga: Rayakan Hari Jadi ke-60, Ford Mustang GT California Special Dihadirkan

Akselerasi 0-100 kpj ditebus dalam waktu 5,7 detik

Spesifikasi Dan Harga Ford Focus ST Edition

Untuk membantu pemilik dalam memilih kombinasi optimal dari pengaturan 12 jonce dan 16 rebound, Ford menyediakan dokumen teknis yang menguraikan pengaturan yang direkomendasikan untuk berbagai kondisi berkendara.

Ford Focus ST Edition measih mengandalkan mesin EcoBoost 2.300 cc turbocharged bertenaga 276 dk dan torsi 420 Nm. Tenaga disalurkan ke gandar depan melalui gearbox manual 6 percepatan, dibantu oleh electronic limited-slip differential (eLSD). Akselerasi 0-100 kpj ditebus dalam waktu 5,7 detik, dengan kecepatan tertinggi 250 kpj.

Soal harga, Ford Focus ST Edition sudah tersedia untuk dipesan di pasar Eropa tertentu bersama dengan Focus ST reguler yang tetap tersedia dalam varian hatchback dan wagon. Edisi khusus ini dibanderol $ 54.505 di Inggris atau sekitar Rp 871 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkait