Formula 1 GP Kanada Terancam Batal Akibat Pandemi COVID-19

Formula 1 GP Kanada Terancam Batal Akibat Pandemi COVID-19

KabarOto.com - GP Kanada yang rencananya digelar di Sirkuit Gilles Villeneuve pada 11-13 Juni 2021 mendatang terancam batal karena pandemi Covid-19. Menurut informasi La Presse, ide pembatalan GP Kanada dipertimbangkan F1 maupun promotor lokal.

Pasalnya, kasus positif Covid-19 di Kanada semakin melonjak drastis beberapa waktu kebelakang. Dalam seminggu, kurang lebih terdapat 7.269 kasus baru. Walau begitu, belum ada konfirmasi langsung dari pihak F1, jika tetap berlangsung, kemungkinan diselenggarakan tanpa penonton.

Baca juga: Charles Leclerc Dapat Hadiah Ferrari SF90

Permasalahan tidak hanya sampai disana, manajemen Formula 1 terus bernegosiasi dengan GP Kanada, karena dalam balapan tanpa penonton, F1 menginginkan tambahan sekitar US$ 6 juta untuk menutupi biaya penyelenggara, karena biasanya ditanggung oleh pendapatan dari para penonton.

Penyelenggara lokal biasanya menanggung biaya ini melalui penjualan tiket, makanan, minuman, dan berbagai kesepakatan sponsor. Jika balapan diadakan tanpa penonton, tentu mereka tidak akan bisa mendapatkan tambahan anggaran tersebut.

Baca juga: McLaren MP4/4, Pemegang Rekor Paling Dominan Selama Satu Musim

Jika GP Kanada benar-benar dibatalkan, maka ini merupakan kedua kalinya sejak tahun lalu. Dan balapan akan dialihkan ke Taman Istanbul di Turki yang tersedia sebagai penggantinya. Tahun lalu, F1 kembali ke trek Turki untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun.