POPULAR STORIES

Formula Fullerene C60 Pada Pelumas Bardahl, Ini Penjelasannya

Formula Fullerene C60 pada Pelumas Bardahl, Ini Penjelasannya Bardahl

KabarOto.com - Bardahl selaku merek produsen pelumas memperkenalkan oli untuk bermacam-macam kendaraan roda dua. Contohnya untuk skuter matik (skutik).

Bardahl memperkenalkan XTC Scooter 10W-30 dan XT Scooter 10W-40 yang diklaim cocok untuk pengendara roda dua di kota besar identik dengan kemacetan.

Vice President Bardahl Indonesia Pudjijarto Sutjipto menuturkan, Bardahl mengusung teknologi ester yang memiliki kemampuan mengurangi deposit mesin sehingga ruang bakar lebih bersih.

Baca Juga: Pelumas Motul 8100 Power Resmi Diluncurkan Secara Global

"Teknologi ester juga mampu meningkatkan akselerasi, membuat konsumsi bahan bakar lebih irit serta ramah," ujarnya.

Ia bilang, selain ester Bardahl juga menyematkan formula Fullerene C60 dalam varian pelumasnya. Menurut penjelasannya, fullerene C60 merupakan zat aditif anti-aus metalo-organik yang unik.

"Penggabungan sifat polar dari senyawa Ester dan Fullerene C60 mampu melarutkan kerak karbon guna menjaga mesin lebih bersih. Perlindungan terhadap keausan logam juga sangat baik karena tahan suhu tinggi," tambahnya.

Baca Juga: Jangan Salah, Kenali Jenis Pelumas Kendaraan Berdasarkan Fungsinya

Selain dua varian oli untuk sepeda motor matik, Bardahl Indonesia juga menyediakan oli untuk sepeda motor transmisi manual, seperti XT4-S 10W-50, XTC 10-40 API SL JASO MA2, XTM 15W-50 API SL JASO MA2, XTM 20W-50 API SL JASO MA2.

Misalnya saja XT4-S 10W-50 full sintetis yang klaimnya diformulasikan untuk kendaraan dengan kinerja yang sangat ekstrim, seperti offroad serta cocok untuk penggunaan olahraga motor.

Tidak hanya oli sepeda motor, Bardahl juga menyediakan beragam oli untuk roda empat serta berbagai zat aditif, seperti zat aditif untuk meningkatkan kadar oktan (research octane number/RON).