POPULAR STORIES

Foto Di Sirkuit Saat Nonton Balapan, Bisa Pakai Cara Ini

Foto di Sirkuit Saat Nonton Balapan, Bisa Pakai Cara Ini Foto: KabarOto & Samsung

KabarOto.com - Sudah 3 balapan internasional berlangsung di Indonesia, mulai dari World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat hingga Formula E di Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta. Ini akan menjadi momen langka wajib diabadikan.

Sebagai penonton jika anda ingin menonton atau content creator, tidak perlu repot-repot membawa kamera DSLR yang berukuran besar dan tidak praktis. Saat ini sudah benyak yang menggunakan kamera mini bahkan smartphone, untuk mengabadikan momen seru balapan di sirkuit tadi.

”Merekam atau menangkap obyek bergerak memang jadi tantangan tersendiri dalam membuat konten yang epic,” sebut Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Ia juga menyebut bahwa teknologi yang ada di smartphone sudah sangat mendukung, salah satunya adalah Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. Perangkat ini mampu merekam foto atau video otomotif di Sirkuit lebih praktis. Karena konten dapat diunggah langsung ke media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok.

Baca juga: Shoei X-SPR Pro Hadir dengan Teknologi Dan Standar Baru

Pembesaran objek foto hingga 100x

“Mulai Nightography, Pro Mode, Space Zoom, Super Steady System, hingga Expert RAW. Sehingga pengguna tidak perlu lagi membawa kamera yang dapat mengganggu mobilitas dan memenuhi tas untuk mengabadikan momen. Galaxy S22 Series 5G mampu menemani pengguna untuk mendapat konten yang epic dengan lebih praktis,” jelas Verry.

Ada beberapa fitur smartphone pada perangkat Samsung yang bisa digunakan untuk memotret ajang balap mobil dan motor di sirkuit:

  • Gunakan Pro Mode

Pro Mode memudahkan pengguna smartphone Galaxy S22 Ultra 5G untuk mengatur parameter seperti ISO, white balance, hingga shutter speed secara manual dengan leluasa. Sehingga, warna langit dan kondisi trek sirkuit bisa sesuai keinginan. Tidak overexposure, terlalu pucat, atau malah terlalu gelap.

Kemudian pengaturan shutter speed untuk memotret mobil di sirkuit yang melaju dalam sangat kecepatan tinggi. Bisa memakai pengaturan manual untuk mendapatkan foto mobil yang lebih tajam, jernih, serta detail di berbagai kondisi pencahayaan.

  • Maksimalkan Fitur Space Zoom

Maksimalkan fiitur zoom, untuk menjangkau tangkapan gambar dari jarak jauh. Fitur Space Zoom di smartphone Galaxy S22 mampu melakukan perbesaran gambar maksimal 100x. Dengan tambahan fitur Detail Enhancer berbasis AI canggih yang bertugas meningkatkan kualitas foto dengan detail dan kedalaman warna yang lebih menawan.

  • Gunakan Mode Burst

Mode Burst artinya menahan tombol shutter hingga mendapat banyak frame dalam sekali jepret. Di pinggir sirkuit, pengguna bisa mengaktifkan mode Burst dengan cara swipe tombol shutter ke bawah dan lepas jari untuk berhenti.

  • Format RAW

Tidak ada salahnya menggunakan format RAW hingga 16 bit, format ini sanggup menangkap lebih banyak informasi atau data dibanding format JPEG. Dampaknya, pengguna bisa mengedit foto lebih leluasa.

  • Aktifkan Super Steady System

Fitur Super Steady System di Galaxy S22 Ultra 5G memudahkan membuat video mobil agar keseluruhan bodi kendaraan terlihat jelas. Khususnya saat pengambilan gambar dalam kabin, yang membutuhkan stabilitas pengambilan gambar.

Dengan smartphone ini, tidak lagi membutuhkan gimbal atau stabilizer untuk merekam atau mengambil foto, cukup dipegang menggunakan kedua tangan (hand held). Teknologi 12-bit HDR, mampu mengumpulkan data warna 64x lebih banyak dari pendahulunya. Wajar jika hasil video terlihat vivid bahkan di kondisi backlight sekalipun.

Baca juga: Sena ACS10 Didesain Untuk 3 Helm Arai Ini

Pengambilan video atau foto tanpa repot menggunakan gimbal atau stabilizer

  • Atur Kecerahan Layar dan Baterai

Kondisi sirkuit yang panas, bisa menjadi kendala bagi smartphone untuk merekam video dan foto. Kendalanya biasanya perangkat akan mudah panas dan layar tidak terlihat saat di bawah terik matahari.

Galaxy S22 dilengkapi layar besar 6.8 inci Dynamic AMOLED 2X (1440 x 3080 piksel) dengan adaptive refresh rate 120Hz, serta kecerahan puncak hingga 1.750 nits memungkinkan pengguna masih bisa melihat obyek di layar dengan jelas dan tajam. Procesor Snapdragon 8 Gen 1 yang mampu meningkatkan efisiensi konsumsi baterai hingga 30%, padahal menggunakan baterai besar 5.000 mAh.

  • Gunaka Fitur In-App Camera

Galaxy S22 Ultra 5G memiliki fitur in-app camera yang membuat membagikan hasil foto dan video mobil yang direkam di Sirkuit Mandalika ke Instagram, TikTok, hingga Snapchat jadi lebih mudah dan praktis.

Terakhir adalah harganya, Galaxy S22 Series 5G dibanderol mulai Rp 11.999.000 (S22 5G), Rp 14.999.000 (S22+ 5G), dan Rp 17.999.000 (S22 Ultra 5G). Dengan pilihan warna Phantom White, Phantom Black, Green, dan Pink Gold, lalu Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan opsi warna Phantom Black, Phantom White, Green, dan Burgundy.

Galaxy S22 Ultra 5G