POPULAR STORIES

Fungsi Diagnostic Tools Pada Motor Injeksi

Fungsi Diagnostic Tools Pada Motor Injeksi YIMM

KabarOto.com - Diagnostic Tools atau alat diagnosa kini menjadi peran penting dalam mendukung perawatan sepeda motor injeksi. Pasalnya, kini sistem pengkabutan bahan bakar mesin, mayoritas sudah berpaling dari sistem karburator menjadi injeksi yang dipenuhi sensor dan elektronik.

“Jika dulu menggunakan sistem pengecekan manual, kini kami telah menggunakan perangkat digital diagnostic tools dan komputer untuk mendukung perawatan sepeda motor injeksi menjadi lebih cepat dan akurat,” tutur Riyadi selaku Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca juga: Honda Ciptakan Alat Yang Bantu Tunanetra Berjalan Kaki

Misalnya saja, motor Yamaha dengan teknologi Blue Core memiliki beberapa sensor yang yang akan memberikan informasi ke ECU (Electronic Control Unit), sensor tersebut diantaranya Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Crankshaft Position Sensor (CPS), O2 Sensor, hingga Engine Temperature Sensor.

Diagnostic tools adalah alat untuk mendiagnosa fungsi setiap sensor, troubleshooting, pencatatan riwayat kerusakan, hingga pemrograman ulang ECU. Alat tersebut menjadi tolak ukur spesifik yang disambungkan ke komputer untuk mengecek kondisi sepeda motor yang sudah memiliki banyak sensor, khususnya pada sistem injeksi.

Baca juga: Jadi Regulasi 2021, Mobil Apa Saja Yang Sudah Dilengkapi Alat Pemadam Kebakaran Standar Pabrik?

Tugas diagnostic tools antara lain:

  1. Memberikan notifikasi malfungsi pada sepeda motor

  2. Mempercepat analisa saat troubleshooting karena jika ada kerusakan atau setelan yang tidak sesuai akan langsung tampil di layar komputer

  3. Memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan jelas kepada konsumen mengenai kondisi sebelum dan sesudah service

  4. Mendapatkan hasil diagnostic dengan lebih cepat dan akurat

  5. Menyimpan seluruh data riwayat servis, sehingga konsumen dapat melakukan pengecekan sistem injeksi di seluruh jaringan Bengkel Resmi Yamaha se-Indonesia