POPULAR STORIES

Fungsi Fitur D-Sport Pada Mitsubishi XForce

Fungsi Fitur D-Sport Pada Mitsubishi XForce Foto: KabarOto

KabarOto.com - Ada salah satu bagian pada Mitsubishi XForce yang kurang mendapat sorotan, tombol D-Sport (DS) di tuas transmisi. Ternyata mendukung peningkatan performa Mitsubsihi XForce, ini penjelasannya.

Mitsubishi XForce memiliki fitur drive mode atau mode berkendara, disematkan pada varian Ultimate atau tipe tertinggi, untuk memberikan sensasi mengemudi lebih beragam dan sesuai untuk berbagai kondisi jalan.

Namun ada 1 fitur yang kadang dilupakan oleh pengemudi ketika berkendara Mitsubishi XForce, yaitu tombol D-Sport yang terdapat di tuas transmisi.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur Drive Mode Mitsubishi XForce

Posisi tombol D Sport pada tuas transmisi

Begitu ditekan tombol DS pada tuas transmisi tersebut, klaimnya akan menambah performa mesin agar lebih responsif. Fitur DS bekerja dengan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat.

Tetapi perlu diingat jika fungsi DS itu tidak sama fungsinya dengan 4 mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, Mud) yang dapat dipilih tergantung pada kondisi jalan memungkinkan mobil menghadapi berbagai kondisi jalan dengan mengintegrasikan Active Yaw Control (AYC) yang menyesuaikan gaya berkendara antara kiri depan dan roda kanan untuk mencapai penanganan yang sangat baik, kontrol traksi yang mengontrol tire skidding, kontrol mesin, dan kontrol power steering.

Menurut Rifat Sungkar selaku Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, menurutnya DS ini akan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat. Tujuan utamanya DS yang dikejar karena orang itu mungkin ada kebutuhan buru-buru, atau menambah performa saat menanjak.

Baca juga: Profil Mitsubishi XForce, Penantang Baru Di Segmen Kompak SUV

Dengan DS itu semua akan ditahan lebih lama, otomatis konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Karena putaran mesin jadi lebih tinggi pada setiap perpindahan gigi transmisi.

"Jadi di sini ada otak pintar yang memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat. More power dan more energy di DS ini. Jadi bisa didapat,” pungkas Rifat Sungkar.

Sebagai informasi tambahan, XForce dibekali mesin berkode 4A91 4 silinder DOHC dengan kapasitas 1.499 cc, bisa memuntahkan tenaga 103 dk dan torsi 141 Nm. Menggunakan transmisi CVT dengan sistem penggerak FF (Front Engine-Front Wheel Drive) 2WD.