POPULAR STORIES

Profil Mitsubishi XForce, Penantang Baru Di Segmen Kompak SUV

Profil Mitsubishi XForce, Penantang Baru di Segmen Kompak SUV Mitsubishi XForce (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Mitsubishi XForce debut di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Di mana, produk baru ini punya modal bagus untuk bersaing di segmen kompak SUV.

Kesan pertama yang ditangkap dari segi eksterior, Mitsubishi XForce menghadirkan bahasa desain Dynanmic Shield, dengan tampilan futuristis, modern dan tangguh khas mobil SUV.

Secara dimensi, Mitsubishi XForce memiliki ukuran panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.660 mm. Serta jarak sumbu roda 2.650 mm dan ground clearence 222 mm.

Mitsubishi XForce menghadirkan bahasa desain Dynanmic Shield

Fascia depan terdapat bumper kiri dan kanan melindungi gril depan yang menggambarkan performa, desain tiga dimensinya memperkuat kesan sporty. Pencahayaan mengandalkan lampu utama bentuk L dipadukan dengan DRL pada bagian bawah, ketika menyala akan membentuk T-shape.

Baca Juga: Desain Mitsubishi XForce Mirip Sport Car, MMC Beri Penjelasan

Kesan berotot juga terlihat pada sepatbor dengan ground clearence 222 mm, cukup tinggi untuk ukuran kompak SUV. Bagian kaki-kaki mengandalkan pelek berukuran 18 inci.

Masuk area kabin, nuansa modern terpancar dengan adanya horizontal axis instrument panel yang didominasi warna abu-abu.

Kabin modern dengan adanya horizontal axis instrument panel

Data informasi berkendara dapat dilihat dari spidometer 8 inci, sedangkan head unit floating 12,3 inci menyediakan sistem hiburan untuk penumpang Fitur ini dapat terhubung melalui smartphone, wireless connectivity, Android Auto dan Apple Car Play.

Menariknya, Mitsubishi XForce dibekali sistem audio Yamaha. Dalam hal ini Mitsubishi Motor Corporation menggandeng Yamaha Audio Professional.

Baca Juga: KTB Pastikan, Mitsubishi Fuso ECanter Akan Dijual Tahun Depan

Mitsubishi XForce sendiri dibekali speaker merek Yamaha dengan menggendong teknologi Dynamic Sound Yamaha Premium, teknologi tersebut memperkuat keahlian Yamaha untuk memaksimalkan keluaran suara dari speaker-nya untuk menghadirkan kualitas suara yang lebih maksimal.

Audio Yamaha di Mitsubishi XForce

Sistem audio Yamaha di kabin Mitsubshi XForce mengandalkan 8 unit speaker yang terdiri dari masing-masing model 2 way (biasanya terdiri dari speaker jenis tweeter dan mid bass), terpasang di beberapa area, seperti pilar A, door trim pintu depan dan belakang.

Untuk speaker depan menganut sistem 2 way terpisah, dengan penempatan tweeter untuk menghasilkan suara tinggi dan menengah (vocal) pada pilar kaca depan dan mid bass yang menghasilkan nada menengah dalam sebuah sistem audio, umumnya berukuran 6,5 inci tersemat pada door trim pintu depan.

Sementara untuk speaker belakang, mengadopsi sistem 2 way speaker model coaxial (jenis speaker tweeter dan mid bass terpasang dalam satu frame), dengan penempatan tweeter dan mid bass menjadi satu bagian pada door trim pintu belakang.

Memiliki ground clearence 222 mm

Baca Juga: Mitsubishi Minicab MiEV Bakal Diproduksi Di Bekasi Tahun Depan

Untuk memaksimalkan kualitas speaker-nya, pada head unit tersedia pilihan mode suara, yakni Lively, Signature, Powerful, dan Relaxing. Di mana, pengemudi dan penumpang dapat menyesuaikan dengan kondisi perjalanan serta selera.

Kemudian, head unit berkemampuan multimedia dan berteknologi touch screen tersebut dilengkapi fitur Speed Compensated Volume (SCV), yaitu kemampuan menyesuaikan besaran volume sesuai dengan kecepatan mobil. Namun fitur ini juga bisa di non-aktifkan apabila dirasa mengganggu.

XForce dibekali mesin berkode 4A91 dengan kapasitas 1.499 cc yang bisa memuntahkan tenaga 103 dk dan torsi 141 Nm. Mesinnya juga memberikan sebuah akselerasi bertenaga dan responsif melalui kontrol perputaran mesin seperti pada transmisi bertahap ketika akselerator ditekan penuh. SUV ini menggunakan sistem penggerak FF (Front Engine-Front Wheel Drive) 2WD.

Mitsubishi XForce dibekali mesin Mivec 1.499 cc DOHC 16-valve

Mitsubishi XForce dibekali empat mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, Mud), termasuk “Wet mode” yang pertama kali hadir untuk model Mitsubishi Motors. Menyoal fitur keamanan, ada enam SRS airbag dan sistem driver assistance untuk meningkatkan ketenangan berkendara.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan advanced driver assistance system yang lebih Adaptive Cruise Control (ACC) yang mendukung pelacakan akselerasi, deselerasi, dan penghentian mobil terdepan selama cruising dan mengurangi beban kerja pengemudi dalam situasi seperti kemacetan panjang di jalan tol.

Kemudian ada fitur Forward Collision Mitigation (FCM), Automatic High Beam (AHB), Lead Car Departure Notification (LCDN), Blind Spot Warning (dengan fungsi Lane Change Assist) (BSW/LCA), dan sistem Rear Cross Traffic Alert (RCTA), di antara yang lain, memberikan dukungan untuk berkendara yang aman.

Mitsubishi XForce hadir dalam dua pilihan yakni Exceed Rp 379,9 juta dan Ultimate yang menjadi varian tertinggi seharga Rp 412,9 juta.