POPULAR STORIES

G-Power Tingkatkan Performa BMW Z4 Dengan 4 Pilihan Tenaga

G-Power Tingkatkan Performa BMW Z4 dengan 4 Pilihan Tenaga BMW Z4 G29 garapan G-Power (G-Power)

KabarOto.com - Sebenarnya, BMW Z4 M40i terbaru yang menggunakan kode G29, sejak lahir sudah ditakdirkan sebagai sebuah mobil yang memiliki performa menakjubkan. Namun, masih ada saja yang kurang puas dengan tenaga yang dihasilkan Z4 model paling tinggi tersebut.

Untuk memuaskan hasrat penggila kecepatan, rumah modifikasi G-Power lantas melakukan penyempurnaan pada kinerja mobil roadster tersebut. Bila dalam kondisi standar, BMW Z4 M40i mampu menghasilkan tenaga sebesar 340 dk dan torsi sebesar 500 Nm.

Baca Juga: Profil BMW Z4 SDrive30i M Sport

Di tangan G-Power, mesin enam silinder berkapasitas 3.0 liter bawaan Z4 didongkrak kemampuannya hingga empat peningkatan kinerja yang berbeda, dengan versi teratas mampu menghasilkan tenaga sebesar 500 dk dan torsi 700 Nm.

Untuk tingkatan awal, tuner aftermarket asal Jerman tersebut melakukan upgrade pada mesin Z4, yang terdiri dari pemetaan (mapping) perangkat lunak khusus, yang disebut Performance Software V1, sehinnga bisa meningkatkan kinerja sebesar 40 dk dan 30 Nm dari kondisi standar.

G-Power menyediakan 4 paket pilihan modifikasi tenaga

Lalu ada Versi V1 S, yang dapat menghasilkan tambahan tenaga lebih besar, hingga 70 dk dan 80 Nm. Dengan menggunakan software V1 S, tenaga Z4 melonjak menjadi 410 dk dan torsinya 580 Nm. Menariknya, kedua peningkatan tenaga yang dilakukan dengan rekayasa pada ECU itu, dicapai tanpa merubah komponen mesin lainnya.

Namun untuk tahap selanjutnya, G-Power akan menginstal downpipe yang alirannya telah dioptimalkan dengan catalytic converter sport, untuk digunakan dengan Performance Software V2. Ubahan ini akan menghasilkan tenaga hingga 450 dk dan torsi 640 Nm.

Pembatas kecepatan pun bisa 'diputus'

Lalu ubahan yang paling kuat tenaganya hingga mampu menghasilkan tenaga 500 dk dan torsi 700 Nm, dilakukan dengan memodifikasi pada sistem knalpot dan turbocharger, serta menggunakan intercooler yang lebih besar untuk membantu tugas pendinginan.

Asyiknya lagi, G-Power mengklaim bahwa para pelanggannya juga dapat memilih opsi untuk menghapus pembatas kecepatan elektronik, yang memungkinkan roadster tersebut dapat melewati kecepatan hinga lebih dari 300 kpj.

Baca Juga: Ini Persamaan Toyota Supra Dengan BMW Z4

Dengan segala jenis ubahan itu, G-Power menjamin bahwa modifikasi yang dilakukan tidak akan menyebabkan kerusakan pada mesin, dan mesin yang dimodifikasi juga dikatakan dalam batas operasional yang aman.

Makin kece dengan pelek alloy 20 inci

Selain sektor dapur pacu, G-Power juga melengkapi penampilan sporty Z4 M40i dengan sedikit sedikit sentuhan pada eksterior dalam bentuk pengunaan pelek 20 inci twin-spoke G-Power Hurricane RR. Pelek ringan berdesain menarik itu, lantas dibalut ban berukuran 245/30 di depan dan 275/30 di belakang.