POPULAR STORIES

GAC Aion Hyper GT Jadi Mobil Produksi Paling Aerodinamis

GAC Aion Hyper GT jadi Mobil Produksi Paling Aerodinamis Foto: GAC

KabarOto.com - GAC Aion Hyper GT adalah sedan sport elektrik yang meluncur di Guangzhou Auto Show 2022, dengan desain ramping dan aerodinamis merupakan mobil produksi paling aerodinamis yang pernah ada dengan koefisien drag 0,19 Cd.

“Seiring dengan perkembangan zaman, desain juga ikut berkembang. Kami mulai berpikir dari hubungan antara manusia dan alam, membentuk kembali hubungan simbiosis yang harmonis antara manusia dan mesin, dan mengusulkan konsep desain AION-estetika simbiosis manusia-mesin ." kata Fan Zhang selaku Wakil Presiden Desain R&D GAC.

GAC Aion Hyper GT juga dilengkapi dengan sejumlah besar teknologi bantuan pengemudi canggih, meskipun cara pabrikan mobil Tiongkok ini menerapkannya cukup menarik. Sementara Volvo EX90 hadir dengan sensor LiDar yang dipasang di atap, GAC Aion Hyper GT memiliki jenis sensor yang sama di atap dan spatbor depan. Ini berfungsi di atas rangkaian radar, kamera, dan sensor inframerah yang mengelilingi kendaraan.

Baca juga: GAC M8 Jadi Ikon MPV Premium Tiongkok

AION Hyper GT memiliki proporsi yang unik dibandingkan dengan model sebelumnya. Dengan platform EV khusus yang baru, Hyper GT memiliki jarak sumbu roda yang lebih panjang, overhang depan dan belakang yang lebih pendek, serta roda yang besar. Untuk Hyper GT, tim desain bekerja sama dengan tim aerodinamika, dan menggabungkan aerodinamika yang sangat baik dengan desain eksterior. Pada akhirnya, Hyper GT telah mencapai koefisien drag (Cd) sebesar 0,19, menjadi mobil produksi hambatan angin terendah di dunia.

Desain bodi Hyper GT dibentuk dan terinspirasi dari logam cair, "simbol super" yang didesain untuk AION. Ini adalah kreasi terobosan dan kombinasi sempurna antara desain bodi dan performa aerodinamis yang luar biasa.

Bodinya dinamai "Titanium Cair Berenergi Tinggi". Kurva organik dan permukaan depan menciptakan sikap yang sangat dinamis, sementara kesederhanaan dan aliran planar ke garis sabuk dan ujung belakang. Permukaan melengkung dan bidang terintegrasi secara alami, menghadirkan bentuk "titanium cair" dengan cara yang imajinatif.

Ini adalah mobil pertama di dunia dengan fasia depan tertutup penuh yang menampilkan Wind Blade Grille yang terbuka secara otomatis saat mencapai kecepatan tinggi dan membantu mengurangi hambatan dan hambatan angin. Bagian belakang yang lebar dan penuh dengan desain dek tinggi dipadukan dengan roda berdiameter besar memberi Hyper GT tampilan yang mencolok dan tampilan yang menyerupai cheetah yang siap menerkam.

Saat mencapai 80 kpj, Wind Spoiler naik untuk mengarahkan aliran udara secara efektif dan menghasilkan downforce saat udara melewatinya, meningkatkan penanganan dan kemudi saat menikung. Sky Doors depan menampilkan teknologi aktuasi sinkro-helix dihedral, memberikan pengalaman yang dramatis dan mengasyikkan saat masuk dan keluar dari Hyper GT.

AION Hyper GT dilengkapi dengan lampu depan elektroda yang unik dibandingkan dengan lampu depan penetrasi tradisional. Simbol elektroda diubah menjadi desain lampu daytime running untuk menonjolkan kesan elektrik. Sinar cahaya memberi kesan arus pulsa yang meledak seketika di bawah tegangan yang kuat, menghadirkan keindahan cahaya dan listrik.

Lampu belakang kristal merah terdiri dari beberapa modul kristal. Saat dinyalakan, mereka memancarkan cahaya kemerahan, seperti kristal dengan pancaran dan vitalitas. Serangkaian komponen bantuan berkendara pintar, seperti kamera, radar, dan sensor, terintegrasi dengan rapi ke dalam desain bodi, yang semakin menyempurnakan tampilan Hyper GT yang canggih.

Baca juga: GAC Space Tawarkan Kabin Layaknya Lounge Dan Mesin Hidrogen

Pelek jari model palang terlihat dinamis dengan ukuran pelek 19 inci, hal ini sebagai bentuk penghormatan kepada desain mobil balap, meningkatkan performa dan aerodinamika kendaraan.

"AION Hyper GT adalah sedan elektrik super dengan kombinasi sempurna antara teknologi, desain modern, nilai, dan kesan sporty, model yang sempurna untuk merek kelas atas AION," komentar Fan Zhang.

GAC Aion Hyper GT didukung oleh platform AEP3.0 baru yang didedikasikan untuk EV bermerek Aion GAC, dan hadir sebagai motor tunggal yang dipasang di belakang atau tata letak motor ganda penggerak semua roda. Motor tunggal menghasilkan 335 dk dan torsi 434 Nm, akselerasi 0-100 kpj sekitar 4 detik.

GAC belum mengungkapkan ukuran baterainya, tetapi mereka telah mengkonfirmasi bahwa arsitektur elektroniknya mendukung hingga tingkat pengisian daya 480 kW yang sangat cepat, serta teknologi pertukaran baterai yang populer di Tiongkok sebagai solusi pengisian daya yang lebih cepat.