Gajian Nih, Mau Ganti Ban Motor? Ini Tipsnya

Gajian nih, Mau Ganti Ban Motor? Ini Tipsnya

KabarOto.com - Banyak beredar jenis ban motor di pasaran. Yang harus diingat, tidak bisa asal pilih. Sesuaikan beberapa aspek dahulu sebelum membeli ban motor merek dan tipe tertentu. Nah, simak beberapa poin yang diutarakan oleh Budi, pemilik dari bengkel JMS, Daan Mogot, Jakarta Barat.

1. Merek

Semakin banyak merek ban yang bermunculan belakangan ini, namun soal kualitas, lebih baik mempercayakan pada ban yang biasa dipakai atau rekomendasi mayoritas kerabat. Atau sesuaikan merek dengan budget anda, namun tetap mengacu kepada kualitasnya.

2. Sesuai ukuran

"Dari beragam pilihan merek dan ukuran ban, rider harus menentukan terlebih dulu peruntukannya. Jika tipe ban luar yang dipakai tidak sesuai dengan ukuran yang semestinya, maka motor tidak akan terasa nyaman, bahkan penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih boros," ujar Budi.

3. Perhatikan kondisi jalan yang dilalui

"Di negara ini, ada baiknya pilih ban dengan tipe yang bisa melahap jalanan kering dan basah," kata pria berkumis itu. "Namun, apabila kalian melintasi jalan yang tidak rata dan belum diaspal, maka sebaiknya kalian menggunakan ban tipe off-road/ ban pacul," imbuhnya.

Baca Juga: Baru Meluncur.. 4 Unit Triumph New Scrambler 1200 XE Sudah Terjual

4. Ukuran ban dan pelek sesuai

Ukuran ban yang kalian pilih harus sesuai dengan ukuran pelek sepeda motor yang dimiliki. Jika salah, maka daya cengkeram ban selama perjalanan akan berkurang.

"Contoh yang salah yaitu memasang ban 120/70 jika standar yang dikeluarkan dari pabrik adalah 90/90. Boleh meningkatkan ukuran ban asalkan upsize yang diambil tidak lebih dari dua tingkat ukuran," kata pria yang dahulu sering terjun di arena road race itu.

5. Lihat tanggal pembuatan ban

Semua produk ban motor memiliki waktu produksi dan dari tanda tersebut pemilik kendaraan akan mengetahui mutu ban motor. Jadi pemilihan ban motor baru berdasarkan tanggal produksinya penting diperhatikan.