Galeri Foto Concours D’Elegance Jakarta

Galeri Foto Concours d’Elegance Jakarta Aston Martin DB5 (KO/Edo)

KabarOto.com - Concours d’Elegance berasal dari bahasa Prancis berarti "Kompetisi Para Elegan". Gelaran tersebut merupakan sebuah ajang, di mana mobil-mobil klasik yang memiliki nilai prestisius tinggi dipamerkan kepada publik dan mendapat penilaian dari juri.

Kegiatan ini berawal pada Abad 17 di Prancis, di mana para aristokrat rutin berparade dengan kereta kuda di taman-taman kota Paris, pada hari weekend musim panas dan pada hari libur.

Baca Juga: Mewahnya Mobil Roadster Klasik Yang Tampil Di Concours D’Elegance Jakarta

Seiring berjalannya waktu, kumpul-kumpul kalangan aristokrat itu tak lagi menggunakan kereta kuda, melainkan berganti dengan mobil dan dikompetisikan dengan dinilai oleh dewan juri berdasarkan penampilan mobilnya.

Mobil pertama buatan Daimler-Benz pada 1885

Concours d’Elegance paling tua yang masih diselenggarakan sampai dengan sekarang adalah Concorso d’Elegance Villa d’Este, Italia, yang telah diadakan sejak tahun 1929. Concours d’Elegance lainnya yang terkenal adalah Pebble Beach Concours d’Elegance yang diselenggarakan di California, Amerika.

Kini, ajang bergengsi itu juga hadir di Indonesia. Digelar di hotel Four Seasons Hotel Jakarta, gelaran yang pertama kalinya itu banyak menampilkan puluhan mobil klasik nan langka dengan kondisi sangat baik.

Menampilkan puluhan mobil eksotis

Stanley Atmadja, selaku pencetus Concours d’Elegance di Indonesia dan Presiden Indonesia Classic Cars Owners Club (ICCOC) mengatakan, "Concours d’Elegance ini merupakan sejarah bagi dunia otomotif di Indonesia yang mencerminkan bahwa Indonesia sudah menjadi bagian dari pasar otomotif dunia".

Baca Juga: Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini Dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie

Sebagaimana Concours d’Elegance yang diadakan di mancanegara, mobil-mobil klasik yang dipamerkan tersebut juga akan mendapatkan penilaian dari para juri di mana kriteria penilaiannya berdasarkan kondisi, sejarah, orisinalitas dan akurasi restorasi mobilnya.

"Melalui festival mobil klasik bergengsi ini kami berharap lintas generasi dapat menghargai nilai historis mobil sekaligus membantu melestarikan mobil- mobil klasik ini," tutup Stanley.