POPULAR STORIES

Gambar Paten Transmisi Manual Untuk Mobil Listrik Bocor Ke Publik

Gambar Paten Transmisi Manual untuk Mobil Listrik Bocor ke Publik Ilustrasi transmisi manual (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Tren mobil listrik terus berkembang dalam hal teknologi. Para pabrikan mobil berlomba untuk menghadirkan fitur-fitur unggulan. Tak terkecuali, Toyota.

Sebagai salah satu pabrikan mobil terbesar di dunia, Toyota merilis sebuah paten baru yang memperlihatkan sebuah gambar transmisi manual untuk mobil listriknya.

Kabar ini diungkapkan oleh seorang pengguna BZForum yang mendapatkan informasi gambar paten baru yang tengah diajukan oleh Toyota ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Di mana, paten tersebut didaftarkan pada Juni 2021, dan diterbitkan beberapa hari lalu.

Baca Juga : Serupa Tapi Tak Sama, Simak Perbedaan Toyota Voxy Dan Noah

Terkait transmisi manual untuk mobil listrik memang belum ada yang menggunakannya. Hanya ada Porsche Taycan listrik yang memiliki transmisi dua percepatan. Itu pun hanya untuk membedakan untuk tingkat torsi yang dihasilkan agar akselerasinya lebih halus.

Sementara itu, paten transmisi manual untuk mobil listrik yang didaftarkan Toyota ini merupakan transmisi yang digunakan melalui perangkat lunak. Selain itu, teknologi ini juga diklaim untuk menghasilkan kesenangan berkendara.

Baca Juga : Dominasi 40 Persen, Menperin Apresiasi Sumbangsih Toyota Di Industri Otomotif Tanah Air

Landasan awalnya adalah melalui software, teknologi tersebut dapat mensimulasikan nuansa peningkatan akselerasi bertahap per gigi, serta keterlibatan kopling dan tuas persneling.

Penggunaan transmisi manual terkadang dapat menjadi hambatan, terutama dalam lalu lintas, sehingga paten selanjutnya menyarankan bahwa melalui dial dapat dipasang dan dapat beralih dari model EV ke mode konvensional.