POPULAR STORIES

Gandeng Gaikindo, Kemenperin Rencanakan Insentif Truk Listrik

Gandeng Gaikindo, Kemenperin Rencanakan Insentif Truk Listrik Ilustrasi truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berencana memberikan insentif untuk truk listrik yang dipasarkan di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Menperin akan mengundang Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) duduk bersama untuk membuat peraturannya.

"Kami akan duduk bareng Gaikindo untuk membahas peraturannya. Tapi, saya harus sampaikan bahwa ada peluang untuk hybrid dan truk listrik akan kita berikan (insentif)," jelas Agus saat ditemui di JCC Senayan, Jum'at kemarin (08/03).

Baca Juga: Isuzu Siap Boyong Truk Listrik ke Indonesia Asal Didukung Hal Ini

Foton eAumark, truk listrik asal Tiongkok diperkenalkan di Indonesia

Rencana Insentif Truk Listrik Masih Dalam Pembahasan

Namun, Agus masih belum bisa mengungkapkan lebih detail. Sebab, semuanya masih dalam pembahasan lebih lanjut.

"Truk listrik akan menjadi salah satu yang kita overlook, jadi intinya kita bersama Gaikindo akan duduk membahas seperti apa mengembangkan lebih cepat industri otomotif berbasis truk dengan kebijakan insentif," ungkap Agus.

Baca Juga: Profil Isuzu Giga FVR U Wingbox, Truk Kelas Berat Mampu Bawa Beban 16 Ton

Menperin Siapkan Skema Insentif Truk Listrik

Soal kapan kebijakan ini dapat diberlakukan, Agus Gumiwang juga belum dapat memastikan kapan waktunya. Sebab, dia dan sejumlah pihak terkait masih dalam pembahasan.

Selain insentif truk listrik, Menperin juga tengah menyiapkan skema dan aturan insentif mobil hybrid.

Hingga saat ini, di Indonesia insentif kendaraan listrik sudah berjalan untuk mobil listrik yang dipasarkan dan diproduksi di Indonesia.