POPULAR STORIES

Gandeng SInar Mas, Grab Segera Bangun Sistem Transportasi Cerdas Di BSD City

Gandeng SInar Mas, Grab Segera Bangun Sistem Transportasi Cerdas di BSD City Ilustrasi mobil listrik yang dikembangkan Grab (ist)

KabarOto.com - Sinar Mas Land yang dikenal sebagai salah satu pengembang properti ternama di Indonesia, menggandeng penyedia layanan transportasi online, Grab, untuk mewujudkan BSD City sebagai the integrated smart digital city.

Kedua perusahaan tersebut menandainya, dengan melakukan perjanjian kerja sama untuk pengembangan teknologi bersama. Dalam kerjasama tersebut, Grab akan menggunakan keahliannya dalam bidang teknologi dan sumber daya manusia untuk membangun infrastruktur digital yang akan meningkatkan kehidupan masyarakat di BSD City.

Seremoni perjanjian kerjasama

Nantinya, Grab bertugas untuk menyediakan solusi mobilitas yang cerdas dan tertata, serta dapat mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah, dan tentunya mendorong pembangunan teknologi untuk memperkuat posisi BSD City sebagai smart digital city pertama di Indonesia.

Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land menjelaskan, "Sebagai pengembang kota, BSD City berusaha menghadirkan inovasi untuk kehidupan manusia yang lebih baik sebagai tujuan utama dalam setiap proyek yang kami bangun. Dan saat ini, kami melakukan inovasi dengan membangun sistem transportasi yang terintegrasi serta mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk melengkapi fasilitas publik di kota ini," ujarnya.

Baca Juga: Order Grab Di Singapura, Bisa Nyobain Naik Mobil Listrik Lohh!

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa bagi Sinar Mas Land, membangun fasilitas publik sangat penting untuk memastikan gaya hidup yang sehat dan mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat. "Kami yakin adalah Grab mitra yang mumpuni untuk mendukung kami. Grab memiliki teknologi yang kami butuhkan dan kami senang menjalin kerja sama dengan mereka," jelas Michael.

Metode pemetaan Grab yang lebih akurat

Sementara itu, Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia menambahkan, "Kami sangat senang dapat bermitra dengan Sinar Mas Land untuk mempromosikan transportasi umum sebagai suatu gaya hidup di Indonesia, terutama di BSD City, serta membantu meningkatkan kewirausahaan digital di kawasan BSD City".

Sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama ini, Grab akan membangun Grab Innovation and Engineering Lab sebagai pusat penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City, yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata melalui tiga rencana proyek kerja sama.

Tiga rencana proyek kerja sama yang akan dilakukan oleh Grab dan Sinar Mas Land adalah, menjalankan metode pemetaan daerah BSD City untuk memudahkan penumpang menentukan titik penjemputan dan pengantaran yang lebih akurat. Kemudian melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD) yang dapat menjadi sarana transportasi personal jarak dekat dengan biaya terjangkau.

Baca Juga: Kerjasama Dengan Grab, Yamaha Investasikan 150 Juta Dollar AS

Terakhir adalah, melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City. Selain memberikan solusi untuk permasalahan transportasi di BSD City, Sinar Mas Land dan Grab akan mendukung UKM lokal berbasis kuliner di kawasan tersebut dengan mendirikan dapur satelit yang disebut Kitchen by GrabFood.

"Smart city membutuhkan berbagai layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari, oleh karena itu BSD sebagai integrated smart digital city yang terintegrasi merupakan kawasan yang ideal bagi Grab untuk memulai proyek dan menawarkan layanan baru yang dapat memenuhi harapan para pelanggan kami yang terus meningkat," pungkas Ridzki.