POPULAR STORIES

Gandeng TBS, Gojek Jajaki Penggunaan Kendaraan Listrik

Gandeng TBS, Gojek Jajaki Penggunaan Kendaraan Listrik Foto: Gojek

KabarOto.com - Gojek bersama dengan PT Karya Baru TBS yang merupakan perusahaan energi, menandatangani komitmen kerja sama untuk membentuk usaha patungan atau Joint Venture dengan nama Electrum.

Kolaborasi strategis pertama dalam membangun ekosistem kendaraan listrik roda dua di Indonesia ini klaimnya sekaligus mendukung rencana Pemerintah Indonesia menjadikan pengembangan industri kendaraan listrik sebagai prioritas nasional.

Melalui perusahaan patungan tersebut, Gojek dan TBS akan mengembangkan usaha bisnis dalam bidang manufaktur kendaraan listrik roda dua, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, hingga pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.

Baca juga: Inisiatif J3K, Layanan Baru Gojek Masuki New Normal

CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, “Perusahaan tech joint venture nasional pertama di sektor kendaraan listrik Indonesia ini merupakan hal bersejarah bagi kami. Kami berharap upaya ini dapat mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan berkontribusi kepada penanggulangan perubahan iklim di Indonesia.”

Klaimnya, Gojek menargetkan menjadi platform karbon-netral dan mentransisi menjadi 100% kendaraan listrik di tahun 2030. Pandu Sjahrir, Wakil Direktur Utama TBS, mengatakan, “Pengalaman dan pemahaman kami di bidang energi bersama dengan ekosistem dan teknologi Gojek yang luas, bisa menjadi katalisator pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.”

Baca juga: Ini Strategi Kedepan Gojek Hadapi Pandemik Covid-19

Pada tahap ini, Gojek akan menggunakan 500 unit motor listrik di Jakarta Selatan, lalu selanjutnya akan meningkatkan skala uji coba dengan target awal pemanfaatan sampai dengan 5 ribu unit motor listrik dan jarak tempuh penggunaan motor listrik sebanyak 1 juta kilometer di dalam platform Gojek.

Data hasil uji coba ini juga akan dimanfaatkan untuk mencari kombinasi teknologi yang tepat untuk kendaraan listrik yang dapat memenuhi kebutuhan mitra driver dan pengguna Gojek, serta pasar Indonesia secara luas.

Dalam uji coba komersial tersebut, para pengguna setia Gojek akan dapat memilih motor listrik pada saat menggunakan layanan GoRide dengan area pick up dan drop off di Jakarta Selatan. Sementara, mitra driver yang menggunakan kendaraan listrik akan terus dapat menjadi bagian dari layanan Gojek lainnya seperti GoFood, GoSend Instant, GoShop dan GoMart.