POPULAR STORIES

Ganjil Genap Di DKI Jakarta Ditiadakan, Tilang ETLE Tetap Berjalan

Ganjil Genap di DKI Jakarta Ditiadakan, Tilang ETLE Tetap Berjalan Kamera CCTV ETLE (KO/Edo)

KabarOto.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dikabarkan telah melakukan berbagai tindakan, sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona.

Bentuk pencegahannya yang diumumkan Gubernur DKI JAkarta, Anies Baswedan, antara lain dengan menutup beberapa destinasi wisata, meniadakan car free day, hingga menghapus sementara kebijakan ganjil genap.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

"Kondisi penularan virus lewat kendaraan umum cukup tinggi, maka kita cabut ganjil genap di Jakarta, sehingga masyarakat bisa meminimalisir penularan dengan memilih kendaraan yang minim kontak dengan orang lain," kata Anies dalam keterangannya.

Ganjil genap ditiadakan 2 pekan ke depan

Meskipun kebijakan ganjil genap ditiadakan selama dua pekan mulai hari Senin (16/3), Ditlantas Polda Metro Jaya tetap akan memberlakukan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) di Jakarta.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, "Setelah dua pekan kita akan melakukan evaluasi kembali dengan pihak terkait," katanya seperti dikutip dari laman resmi Polri.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Covid-19, BMW Astra Layani Pembersihan Sirkulasi Udara, Gratis!

Lebih lanjut ia mengatakan, penindakan bagi pengendara yang melanggar ganjil genap tidak akan dilakukan. Namun, penindakan terhadap pelanggaran jenis lain akan tetap dilakukan.

Misalnya pengendara sepeda motor yang tidak mengenakan helm, atau pengendara roda empat yang menerobos jalur busway. "Penindakan akan dimaksimalkan, menggunakan kamera ETLE atau tilang elektronik," pungkas Fahri.