POPULAR STORIES

Ganti Lampu Halogen Mobil Dengan Watt Lebih Besar, Ini Akibatnya

Ganti Lampu Halogen Mobil Dengan Watt Lebih Besar, Ini Akibatnya Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto punya mobil dengan lampu halogen, namun terasa tidak terang, biasanya melakukan penggantian lampu dengan watt lebih besar.

Misalnya untuk foglamp di Honda Jazz GK5, foglamp standarnya punya 35 watt, sementara di pasaran ada yang menjual bohlam dengan soket sama, punya watt lebih tinggi sekitar 55 watt. Hal sama berlaku juga untuk bagian lampu utama.

Jika yang Sobat KabarOto harapkan lampu jadi lebih terang, tunggu dulu Sob, pasalnya hal tersebut justru bisa bahaya bagi lampu mobil kalian lho.

Baca Juga : Lampu Mobil LED Standar Bagaimana Kalau Rusak? Begini Penjelasannya

"Misalnya foglamp naik dari 35 watt ke 55 watt, itu pastinya suhu bohlam jadi lebih panas. Nanti mika jadi lebih cepat menguning, lalu bisa juga kalau terlalu panas soket meleleh," jelas Dede selaku punggawa Garage Autoshop.

Contoh bohlam H4 dengan teknologi lebih baik. Sumber : Osram.

Baca Juga : Begini Kelebihan Lampu Digital Light Di Mercedes-Benz The New GLC

Solusinya bisa membeli lampu dengan watt yang sama, namun beli dengan teknologi lebih canggih. Di pasaran ketika KabarOto cek di marketplace, harga lampu halogen H4 60/55 watt lebih terang dari merek ternama berkisar Rp 350 - 550 ribuan. Atau jika untuk foglamp bisa ubah ke warna kuning tujuannya supaya lampu bisa tembus kabut, atau sebagai pembeda warna.