Gaya Sangar Porsche 356 Setelah Direstorasi

Gaya Sangar Porsche 356 Setelah Direstorasi

KabarOto.com - Porsche 356 adalah mobil sport yang dirilis pada 1956. Beberapa tahun lebih tua dari Porsche 911 generasi pertama, yang diproduksi sekitar 1963.

Bentuk Porsche 356 standarnya tidak lebih sporty dari Porsche 911. Namun tangan modifikator bernama Rod Emory, membuat Porsche 356 hasil restorasi dan modifikasinya memiliki gaya yang unik dan lebih sangar.

Rod Emory merestorasi dan memodifikasi Porsche 356 di bengkelnya. Bernama Emory Motorsport dan bermarkas di Amerika Serikat. Melalui bengkel inilah, Porsche 356 memulai kehidupan barunya, sebagai mobil klasik yang telah dimodifikasi habis-habisan.

Baca juga: Gagah, Porsche 911 Ini Dimodifikasi Gaya Off Road

Seluruh bagian bodi mobil tersebut dilabur dengan warna abu-abu doff, membuatnya terlihat lebih berkarakter. Desain membulat, terdapat di hampir seluruh bagian mobil ini, seperti di bagian depannya. Lampu depan dari mobil ini masih menggunakan model bulat, berpadu dengan lampu kecil dibawahnya.

Bagian bumper mobil juga terlihat unik. Karena dibuat menyatu dengan bodi bagian depannya. Lengkap dengan kisi-kisi udara di bawah.

Bagian samping mobil ini terlihat cukup unik. Bentuknya menyerupai pesawat tempur zaman dahulu. Terlebih lagi bentuk kisi-kisi yang ada di bagian samping kap depan. Detail-detail kecil inilah yang mendongkrak tampilan mobil ini.

Bagian kacanya juga unik, dengan kisi-kisi pada kaca, bagian kisi udara besar pada bagian samping untuk memberikan sistem pendingin tambahan pada mesinnya. Mobil ini juga menggunakan modifikasi wide body, tak salah apabila over fender-nya dibuat besar baik di depan maupun belakang.

Over fender ini berpadu dengan pelek palang lima lansiran momo yang dibalut ban Pirelli berprofil tipis. Sistem pengereman sudah menggunakan model khusus yang rancangan Porsche, plus rancangan ulang pada buritan mobil ini berdesain membulat untuk memberikan kesan modern.

Baca juga: Porsche 935 2019 Edisi Ulang Tahun Produksi Terbatas

Interior dibuat layaknya seperti pada mobil balap. Hampir seluruh interior mobil ini menggunakan produk merek Momo. Seperti bagian jok model bucket, setir, pedal gas, dan berbagai aksesori lainnya. Untuk urusan keamanan, juga sudah disematkan sebuah roll bar di mobil ini.

Mesin dari Porsche 356 RSR ini sengaja dibuat terekspos. Bagian turbo dan knalpot mobil ini adalah bagian yang paling terlihat. Lampu belakangnya dipilih model berdesain lonjong dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Selanjutnya pada kap mesinnya terdapat ventilasi untuk memberikan pendinginan tambahan pada mesin.

Jantung pacunya mengandalkan mesin Boxer 4 Silinder Twin Turbo berkapasitas 2.400 cc, sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 393 dk. Berat mesin ini hanya 885 kg, bentuk mesinnya yang unik namun cukup kuat.

Restorasi Porsche 356 RSR ini menjadikannya sebagai sebuah karya seni dari sebuah restorasi, berpenampilan gahar namun memiliki mesin yang kuat. (Gregorius Nikolaus.P)