POPULAR STORIES

Porsche 935 2019 Edisi Ulang Tahun Produksi Terbatas

Porsche 935 2019 Edisi Ulang Tahun Produksi Terbatas Sumber: Netcarshow

KabarOto.com – Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-70, Porsche sebagai produsen mobil Sport asal Jerman mengeluarkan 935 edisi terbatas sebagai mobil baru spesialis trek. Mobil ini dibuat Mewarisi tradisi klasik legenda balap Porsche 935/78 dengan bentuk bodi dari basis model 911, dipamerkan pada acara pameran motorsport bersejarah "Rennsport Reunion" di Laguna Seca Raceway, California, Amerika Serikat.

Bentuk bodi mobil sport ini terlihat seperti Porsche 935 tahun 1978 dijuluki para penggemar sebagai Moby Dick yang legendaris. Disebut Moby Dick karena bentuk bodi yang memanjang layaknya seekor ikan paus dari cerita klasik legenda, dan warna dasar bodi berwarna putih, namun mobil ini hanya diproduksi secara eksklusif sebanyak 77 unit saja dan digunakan untuk penggunaan trek saja.

"Mobil spektakuler ini adalah hadiah ulang tahun dari Porsche Motorsport kepada penggemar di seluruh dunia," kata Dr Frank-Steffen Walliser, Wakil Presiden Motorsport dan GT Cars.

Baca juga: Bentley Bangkitkan Kembali MkV Corniche 1939 Yang Hilang Setelah Perang Dunia 2

Bodi dibuat dari bahan CFRP (carbon-fibre composite part) sebagaimana 935 orisinal sebagai mobil track car, Porsche tidak melengkapi mobil ini dengan lampu depan, terdapat fender berukuran besar yang mengalir hingga ujung bumper supaya terlihat lebih sporty.

Bergeser ke samping, model baru 935 memiliki dimensi lebih panjang 321 mm dibandingkan 911 GT2 RS 2018 berkat penambahan ekor di bagian belakang untuk meningkatkan kemampuan aerodinamika.

Kesan Racing model Porsche pun terlihat di mobil ini, terdapat kaca spion milik Porsche 911 RSR pemenang kategori GTE Le Mans di bagian samping. Desain peleknya sendiri dibuat semirip mungkin seperti pelek Porsche 935/78 1978 dengan ukuran 18 inci, membuat penampilannya sporty seperti mobil balap F1.

Bagian buritan dilengkapi dengan spoiler raksasa dengan lebar 1.909 mm dan tebal 400 mm, fungsinya bukan hanya untuk menambah kesan sporty dan gaya-gayaan, spoiler besar ini digunakan untuk meningkatkan tekanan bodi mobil terhadap permukaan trek atau kerap dinamakan downforce.

Lampu belakang mengadopsi teknologi LED yang dibuat dari basis model mobil balap LMP1 Porsche 919 Hybrid serta 2 buah pipa knalpot titanium yang terinspirasi dari model Porsche 908 tahun 1968.

Masuk ke bagian interior mobil, tidak ada unsur kenyamanan dan kemewahan pada kabin. Karena mobil ini dibuat untuk berakselerasi kencang di sirkuit, hanya kesan racing yang terlihat seperti roda kemudi khas mobil balap yang dibuat dari karbon, dipadukan dengan instrument cluster berwarna.

Baca juga: Ambisi Bugatti Chiron Bisa Tembus Kecepatan 500 Kpj

Konsol tengah terlihat klasik yang menurun dari pendahulunya seperti bentuk tuas persneling berbahan kayu laminasi yang terinspirasi dari mobil balap Carrera GT, 917 dan 919 Bergspyder.

Porsche memberikan pilihan tambahan untuk jok penumpang dan fitur AC sesuai permintaan. Untuk menjaga keselamatan pengemudi, mobil ini sudah dilengkapi roll bar berukuran besar, safety harness 6-titik dan jok semi-bucket memastikan keselamatan yang maksimal di lintasan balap.

Sebagai mobil balap, Porsche membekali mobil ini dengan mesin bertenaga untuk berakselerasi di lintasan balap, mengandalkan mesin dari Porsche 911 GT2 RS nyaris tidak diubah oleh Porsche untuk model baru ini.

Menggunakan mesin 6 silinder twin turbo berkapasitas 3.800 cc yang sanggup memuntahkan tenaga 700 dk, tenaga itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi Porsche Doppelkupplung (PDK) 7 percepatan yang dapat dioperasikan melalui paddle shift.

Untuk menghentikan laju kendaraan, Porsche melengkapi mobil ini dengan rem Aluminium 6-piston berukuran 380 mm di depan dan 4-piston berukuran 355 mm di belakang.

Untuk memberikan pengendalian maksimal di trek balap, Porsche membekali mobil ini dengan sistem PSM (Porsche Stability Management) termasuk traction control dan sistem Anti-Lock Breaking Systemi (ABS). Sistem ini dapat dinonaktifkan oleh pengguna sesuai kebutuhan dan kondisi pengendalian di trek balap.

Porsche yang dijual secara eksklusif ini sudah dapat dipesan dengan harga mulai dari €701.948 termasuk pajak atau sekitar Rp 10,97 miliar. (Nora Dian Pratama)

Spesifikasi:

  • Mesin: Flat-6 twin turbo berkapasitas 3.800 cc tenaga 700 dk

  • Transmisi: Porsche Doppelkupplung (PDK) 7 percepatan

  • Dimensi (PxLxT): 4.865 x 2.034 x 1.359 mm

  • Wheelbase: 2.457 mm

  • Bobot: 1.380 kg

  • Suspensi: MacPherson strut (depan), multi-link (belakang)

  • Rem: Aluminium 6-piston 380 mm (depan), 4-piston 355 mm (belakang)

  • Roda: 29/65 R18 (depan), 31/71 R18 (belakang)