POPULAR STORIES

Geely Bangun Fasilitas Penggantian Baterai Mobil Listrik

Geely Bangun Fasilitas Penggantian Baterai Mobil Listrik

KabarOto.com – Geely Technology Group menargetkan 5.000 stasiun penggantian baterai mobil listrik di Tiongkok pada tahun 2025. Di mana, anak perusahaan Geely ini telah memperkenalkan layanan pertukaran baterai E-Energee pada Konferensi Internet Wuzhen 2021.

Teknologi ini diklaim mampu melakukan penggantian baterai dalam waktu kurang dari satu menit. Sebelumnya, Geely sudah memulai proyek ini sejak tahun 2017 dengan melibatkan 1.000 tim R&D.

Baca Juga : Geely EX3, Mobil Listrik Terjangkau Punya Fitur Melimpah

Stasiun pertukaran baterai E-Energee pertama dibangun di Chongqing pada September 2020, diikuti oleh lebih banyak stasiun di 10 provinsi Tiongkok pada tahun berikutnya. Tujuannya adalah untuk membangun 5.000 stasiun pertukaran baterai di seluruh Tiongkok pada tahun 2025.

Menariknya, proses pertukaran baterai selesai dalam waktu 59 detik, yang merupakan peningkatan dibandingkan dengan 90 detik yang diumumkan sebelumnya.

Baca Juga : All New Geely Emgrand Sedan Mewah Murah Dibanderol Rp192 Jutaan

Baterai kosong dapat diganti dengan baterai yang terisi penuh dalam waktu kurang dari satu menit, yang secara signifikan lebih cepat dibandingkan dengan pengisi daya apa pun dan bahkan mengisi bahan bakar kendaraan bertenaga ICE. Selain itu, berkat layanan pembayaran registrasi otomatis, pengemudi bahkan tidak perlu turun dari kendaraannya.

Saat ini, layanan ini sebagian besar digunakan oleh armada mobilitas, sehingga memberikan lebih sedikit waktu henti untuk kendaraan listrik mereka. Teknologi ini terdengar cukup menarik bagi pemilik EV tetapi untuk menggunakannya, mereka membutuhkan kendaraan yang kompatibel dengan platform yang dirancang khusus.