Gencar Kembangkan Kendaraan Listrik, Pemerintah Sudah Bangun 413 SPKLU

Gencar Kembangkan Kendaraan Listrik, Pemerintah Sudah Bangun 413 SPKLU PLN sudah hadirkan 224 SPKLU di seluruh Indonesia (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Indonesia saat ini tengah gencar mengembangkan kendaraan listrik, untuk mengurangi emisi gas buang agar tercipta udara bersih.

Keseriusan pemerintah dibuktikan, telah dibangun 413 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 295 lokasi seluruh Indonesia.

Baca Juga: Menjajal SPKLU Di EVCuzz Gading Serpong, Begini Langkahnya

Perusahaan Listrik negara (PLN) mengaku telah membangun 224 unit SPKLU, kontribusi sekitar 54 persen, dari total SPKLU secara nasional di 135 lokasi.

SPKLU PLN di Jakarta Selatan (Foto: PLN)

Perusahaan pelat merah ini juga sudah mendigitalisasi penyedia layanan kendaraan listrik, melalui fitur EV dan marketplace di PLN Mobile.

General Manager PLN Pusdiklat Rio Adrianto, menjelaskan, seluruh pihak harus berkolaborasi, mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Kami juga mendorong pemerintah untuk memberikan insentif dan ini sedang dibahas untuk mencapai ekosistem tersebut,” terang Rio, dalam keterangan resminya.

Dia juga menambahkan, selama ini adaptasi penggunaan kendaraan listrik di Indonesia cukup baik. Contoh di Bali, beberapa waktu lalu, beragam kendaraan listrik hadir saat KTT G20.

Baca Juga: PLN Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, 150 SPKLU Sudah Beroperasi

“Sekarang penggunaan kendaraan listrik paling tinggi di Jakarta, karena fasilitas charging mayoritas ada di Jakarta, tambah Rio. Ia juga menyebut, daerah berikutnya Bali, karena memiliki ekosistem yang baik.