POPULAR STORIES

PLN Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, 150 SPKLU Sudah Beroperasi

PLN Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik, 150 SPKLU Sudah Beroperasi Booth PLN di IEMS 2022 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT PLN (Persero) mendukung pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dengan melakukan pengembangan produk layanan SPLU, SPKLU dan SPBKLU.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutan pembuka IEMS 2022 menjelaskan, dibutuhkan kolaborasi bersama untuk bisa mengakselerasi program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

“Kita harus menguatkan kolaborasi untuk bisa membawa sektor transportasi ke arah yang lebih bersih. Ini merupakan langkah keberlanjutan yang harus terus kita gaungkan bersama-sama,” kata Budi.

Baca Juga : Mau Tambah Daya Untuk Ngecas Kendaraan Listrik Di Rumah? Ada Promo Menarik Nih Dari PLN

Motor listrik

Dalam mendukung KBLBB di Indonesia, PLN akan terus meningkatkan ketersediaan infrastruktur kelistrikan. Infrastruktur tersebut tak hanya pasokan listrik yang andal tetapi juga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Hari ini PLN sudah mengoperasikan 150 SPKLU di seluruh Indonesia. Ketersediaan SPKLU ini akan terus kami tingkatkan untuk memenuhi antusiasme masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik,” ujar Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo.

Baca Juga : Wuling Motors Dan PLN Sepakat Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Selain itu, PLN akan terus membuka ruang kolaborasi bersama untuk bisa meningkatkan infrastruktur kelistrikan khusus untuk kendaraan listrik. Saat ini PLN menawarkan partnership bisnis SPKLU yang menjadi ceruk bisnis baru di masa mendatang.

Untuk bisa mempercepat penetrasi kendaraan listrik di pasar, PLN juga sudah berkolaborasi dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) terkait menghadirkan pembiayaan yang terjangkau dan mudah bagi masyarakat yang mau beralih ke kendaraan listrik.