POPULAR STORIES

General Motors Akselerasi EV & AV Kucurkan $35 Miliar

General Motors Akselerasi EV & AV Kucurkan $35 Miliar

KabarOto.com - General Motors (GM) sepertinya tak ingin ketinggalan langkah dalam persaingan industri kendaraan listrik dan kendaraan otonom. Investasi yang sudah dicanangkan sejak 2020 tersebut akan berlanjut hingga 2025 dengan digelontorkan mencapai $35 miliar.

Nilai investasi besar tersebut meningkat 75% berbanding komitmen awal yang diumumkan di kala pandemik. Sebab GM mempercepat strateginya berakselerasi sebagai pemimpin pasar di kendaraan listrik wilayah Amerika Utara.

Baca juga: Ford Maverick Hybrid Dibanderol Mulai Rp306 Jutaan

Rangkaian baterai Ultium

Selain itu sebagai pemimpin global dalam teknologi maju baterai dan fuel cell andalkan platform baterai Ultium dan HYDROTEC fuel cell. Kemudian adanya Cruise, menjadi yang pertama dalam komersialisasi keselamatan teknologi self-driving secara luas.

“Kami berinvestasi secara agresif dalam rencana yang komprehensif dan sangat terintegrasi untuk memastikan bahwa GM memimpin dalam semua aspek transformasi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan,” ujar GM Chair and CEO Mary Barra.

Cadillac LYRIQ crossover pertama EV



Dirinya menjelaskan strategi bahwa GM menargetkan penjualan EV global tahunan lebih dari 1 juta pada tahun 2025, dan meningkatkan investasi untuk skala lebih cepat. "Karena melihat momentum membangun elektrifikasi di Amerika Serikat bersama dengan permintaan pelanggan untuk portofolio produk kami.”

GM juga sekaligus membagi pandangan akan kendaraan masa depan tanpa adanya kecelakaan, tanpa emisi dan tak ada kemacetan di persimpangan yang sudah dicanangkan empat tahun lalu.

Agar sejalan dengan pandangan masa depan tersebut, GM sudah mempersiapkan kendaraan listrik seperti GMC Hummer EV dan Hummer EV SUV, Cadillac Lyriq dan pikap listrik Chevrolet Silverado. Selain itu mempersiapkan sumberdaya manusia serta mempersiapkan serta membangun fasilitas.

Baca juga: Pabrik Jeep di Detroit Bakal Produksi Grand Cherokee L

HYDROTEC by Navistar

Oh iya, secara terpisah, GM akan memasok HYDROTEC ke Navistar., Inc, untuk melakukan pengembangan truk berat bertenaga hidrogen untuk diluncurkan tahun 2024. Dipasok pula ke Liebherr-Aerospace, yang mana perusahaan ini mengembangkan pesawat terbang bertenaga hidrogen.

Lockheed Martin dan GM juga akan saling mendukung mengembangkan kendaraan Lunar sebagai moda transportasi astronot di permukaan Bulan.