POPULAR STORIES

General Motors Dan Honda Sepakat Berbagi Dasar Teknologi Kendaraan

General Motors dan Honda Sepakat Berbagi Dasar Teknologi Kendaraan

KabarOto.com – Honda dan General Motors (GM) sepakat bekerjasama dalam pegembangan teknologi mobil listrik, sekaligus pembiayaannya. Kedua perusahaan telah sepakat untuk berbagi dasar-dasar teknologi kendaraan, mesin dan transmisinya.

Kolaborasi ini setidaknya sebagai tanda meningkatnya konsolidasi dalam bisnis otomotif, di mana perusahaan akan mengeluarkan modal yang sangat besar untuk mengembangkan produk terbaru serta kendaraan bertenaga baterai dan self-driving.

Menurut Analis, Edward Jones Jeff Windau, “Industri otomotif punya sejarah panjang terhalang biaya dan keuntungan yang rendah. Melakukan kolaborasi merupakan langkah efisien untuk proses pengembangan kendaraan yang mahal.”

Baca Juga : Seri Ke-15 MotoGP 2021 Di Indonesia, Tiket Belum Bisa Dipesan

Meskipun belum ada informasi detail, namun kedua perusahaan akan segera memulai kerjasama ini untuk pengembangan kendaraan listrik dan pembakaran internal.

Kabarnya, pekerjaan teknik akan dimulai tahun depan. Selain itu, mereka juga akan bekerja di bidang manufaktur, pembelian suku cadang, penelitian, dan layanan terkait. Sebelumnya, GM sudah beberapa kali menjalin kerjasama dengan produsen otomotif lain, seperti Holden (Australia), Opel (Jerman), Vauxhall (Inggris), Isuzu (Jepang).

Sementara itu, para pesaing mereka seperti Ford telah bekerjasama dengan Volkswagen, dan Fiat Chrysler akan merger bersama PSA Peugeot pada awal tahun 2021.

Baca Juga : Nih, Diskon Rp11 Juta Untuk Pembelian Honda PCX Hybrid

GM-Honda telah sepakat untuk memasarkan produk yang sama dengan merek dari masing-masing perusahaan. Pada bulan April lalu, keduanya telah mengumumkan akan membangun dua mobil listrik untuk Honda berdasarkan platform kendaraan listrik global GM.

Sementara itu, Presiden GM, Mark Reuss mengatakan, “Aliansi ini akan membantu kedua perusahaan mempercepat investasi dalam inovasimobilitas masa depan dengan membebaskansumber daya tambahan.”

Sedangkan, Wakil Presiden Eksekutif Honda, Seiji Kuraishi mengatakan, “Kami dapat mencapai efisiensi biaya yang substansial di Amerika Utara yang memungkinkan berinvestasi dalam teknolgi mobilitas masa depan,sambil mempertahankan penawaran produk kami yang berbeda dan kompetitif.”