POPULAR STORIES

Generasi Ketiga Genesis G80, Mencoba Tak Tertandingi

Generasi Ketiga Genesis G80, Mencoba Tak Tertandingi

KabarOto.com - Brand premium asal Korea yakni Genesis semakin lebar membentangkan sayapnya di Amerika Serikat dengan model kendaraan lebih eksotis dan suguhan teknologi terdepan dalam hal hiburan dan keselamatan.

30 Maret ini, Genesis G80 generasi ketiga diperkenalkan sebagai kelanjutkan akan suksesnya sedan mewah yang tak tertandingi dalam hal desain, kenyamanan dan fitur keselamatan.



Generasi ketiga ini, G80 mulai menunjukkan identitas khusus Genesis. Mulai dari tarikan garis desain depan, gril yang membentang yang disebut Crest Grill, serta sorotan penerangan ke jalan raya Quad Lamp disandingkan dengan pendaran garis LED.

Baca juga: Workshop di Tangerang Ini Tawarkan Pelek dan Knalpot Bagi Pemilik Sportcar dan Supercar

"All new G80 ini merupakan pusat dari lineup kami dengan keseimbangan luar biasa dalam hal tampilan atletis dan karakter elegan. Ini mewakili interpretasi yang jelas dan identitas brand Genesis," ujar Sang Yup Lee, Senior Vice President, Head of Global Genesis Design.



Tarikan garis coupe tertopang manis dengan pelek ukuran 20 inci, seakan seiring dengan alur membelah udara.

Di dalam kabin, kokpit akan terkesan panoramik dengan minimalisir pilar A serta dashbor lebih rendah. Pandangan lebih luas ke depan, namun tetap bisa mendapat informasi lebih banyak melalui head-up display.

Instrumen cluster selebar 12,3 inci dan disanding layar sistem infotainment berukuran 14,5 inci. Kontrol HVAC, pengatur model putar serta sistem sentuh dan tulis di layar. Sudah ada Genesis Integrated Controller untuk mendukung Genesis Quick Guide dan Valet mode.



All new G80 diklaim lebih kuat dan bertenaga berbanding pendahulunya. Hal ini berkat pemakaian 19% alumunium di bodi, berkuran 125 kg berbanding generasi sebelumnya.

Oh iya, mesin empat silinder, 2.5L, disokong turbocharger diklaim punya tenaga mencapai 300 dk pada 5.800 rpm dan torsinya 422 Nm pada 1.650-4.000 rpm.

Baca juga: Sukses 1 Dekade Volvo Cars dengan Geely

Sedangkan pilihan mesin V6, 3.5L dengan turbocharger punya tenaga 375 dk pada 5.800 rpm dan torsinya 530 Nm pada 1.300-4.500 rpm. Sementara pilihan mesin diesel hanya 2.2L, empat silinder segaris bertenaga 210 dk dan torsinya 441 Nm. Sayangnya tak tersedia di Amerika.



Advanced Driver-Assistance Systems (ADAS) menjadi andalan untuk All new G80. Mulai dari Highway Driving Assist II, Smart Cruise Control dengan Machine Learning (SSC-ML) merupakan fitur yang sebelumnya digunakan pada Genesis GV80 SUV.

Fitur lainnya adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang akan membuat G80 secara otomatis berhenti bila mendeteksi ada kemungkinan situasi bahaya tabrakan dari kiri atau kanan. Dapat mendeteksi juga kemungkinan pejalan kaki tak menyadari kehadiran mobil.

Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCA) juga lebih canggih Blind Spot Monitor akan secara aktif memantau sekeliling kendaraan yg mendekat. Di dalam kabin juga sudah ada sepuluh airbag.