POPULAR STORIES

Generasi Terbaru Kia Sedona, Bukan Sekadar MPV Biasa

Generasi Terbaru Kia Sedona, Bukan Sekadar MPV Biasa Sumber Foto : KIA Global

KabarOto.com – Di tengah banyaknya mobil kelas Sport Utility Vehicle (SUV) bermunculan, KIA tampaknya masih percaya diri dengan produk Multi Purpose Vehicle (MPV).

Terbukti, pihak pabrikan asal Korea Selatan ini sedang mempersiapkan generasi penerus dari Carnival atau Grand Sedona, diyakini sebagai Grand Utility Vehicle alias sebutan baru untuk MPV flagship mereka.

Baca Juga : Kia Sorento Sabet Penghargaan Sebagai Mobil AWD Terbaik

Sebelumnya, beredar mobil ini terciduk sedang melakukan tes jalan dan baru-baru ini pihak Kia merilis sedikit bocoran melalui sketsa desain.

Melihat dari sketsa, tampak depan desainnya tegap seperti wajah Seltos tentu dengan bahasa desain khas Kia yakni Tiger Nose. Dipadukan dengan headlamp modern yang selaras dengan garis bodi dan daytime running lights (DRL) yang mencolok.

Spy Shot Kia Carnival/Grand Sedona, Sumber : Motor1

Dari samping, siluet tarikan garis kotak membuat kesan mobil keluarga nan lapang dan dipenuhi dengan garis yang tegas. Sementara, bagian pilar A,B dan C berwarna gelap, kontras dengan warna bodi. Hal tersebut membuat atapnya seperti mengambang.

Dikabarkan, Kia Carnival atau Grand Sedona terbaru ini akan menggusung platform yang sama dengan saudara SUV-nya Kia Sorento. Jika hal tersebut terjadi, ada kemungkinan akan memiliki mesin yang sama.

Kia Sorento sendiri memiliki mesin 2.500 cc, turbocharger yang dapat menghasilkan tenaga 277 dk dan torsi 421 Nm. Sementara pilihan kedua yaitu hybrid dengan memadukan mesin bensin 1.600 cc dan motor listrik serta dilengkapi baterai lithium-ion berkapasitas 1,5 kWh. Alhasil, dapat menghasilkan tenaga 227 dk dengan torsi 350 Nm.

Baca Juga : Ada Pemeliharaan Jalan, Tol Jagorawi Akan Terapkan Contra Flow Secara Situasional

Jika kita melihat Kia Grand Sedona yang dipasarkan di Tanah Air, Kia Indonesia menawarkan dua pilihan mesin yaitu diesel 2.200 cc dan bensin 3.300 cc konfigurasi V6. Untuk varian diesel empat silinder dapat menghasilkan tenaga 200 dk dan torsi 441,6 Nm. Sementara untuk mesin bensin V6 memiliki tenaga 270 dk dan torsi 317 Nm.

Dikabarkan Kia Carnival/Grand Sedona ini akan mulai mengaspal di negeri asalnya Korea pada kuartal ketiga tahun ini, setelah itu baru diikuti pasar global. Jadi kita tunggu saja Sob kehadiran generasi terbaru dari MPV flagship mereka di Tanah Air.