GIXA 2019 Libas Trek Ekstrem Sembari Nikmati Alam Sidikalang

GIXA 2019 Libas Trek Ekstrem Sembari Nikmati Alam Sidikalang GIXA (Green International Xtreme Adventure) 2019 di Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara.

KabarOto.com - IOF (Indonesia Off-Road Federation) kembali menggelar acara tahunannya yaitu GIXA (Green International Xtreme Adventure). Acara yang dibuat oleh IOF Sumatera Selatan ini sudah memasuki kali ke-6 diselenggarakan. Digelar selama 8 hari, GIXA 2019 mengambil lokasi di Dairi, Sidikalang, Sumatera Utara.

Eddy Keleng Ate Berutu selaku Bupati Dairi, melepas para peserta GIXA 2019 secara simbolis di Gedung Nasional Djauli Manik, Sidakalang. Tidak hanya sekedar acara tahunan, kegiatan ini dirasa mampu mendongkrak potensi pariwisata di Sumatera Utara.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Jeep Bekas

"Kegiatan seperti dapat mendongkrak potensi pariwisata daerah karena selain ada peserta dari luar Sumut dan juga lewat soaial media," ucap Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, Bupati Dairi.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 17 mobil dan 13 motor siap melibas trek ekstrem GIXA 2019. Serunya, seluruh peserta GIXA 2019 juga diajak mengeksplorasi berbagai kawasan di Dairi. Lokasinya yang hijau dan dingin semakin membuat kegiatan jadi lebih menarik dan menyenangkan.

"Sudah jadi standar bahwa GIXA bukan semata event ekstrem adventure peduli lingkungan berlangsung di daerah dingin," tegas Rizal Bastaman atau Omen Matondang, Ketua IOF Sumut yang juga leader di GIXA 2019.

Lokasi yang di eksplore oleh peserta antara lain Siempat Nempu Hulu, tigalingga, Pamah, Sumbul Pegagan, Lae Pondom dan wisata Dairi Kawasan Geopark Kaldera Toba Geosite Silahisabungan Tao Silalahi, dan berakhir di Silalahi. Beragam lokasi yang dikunjungi memiliki suasana asri dengan banyaknya pohon-pohon rindang.

Baca Juga: All New Suzuki Jimny 2019 Ternyata Friendly Untuk Wanita, Sob!

Semakin mendalami perjalanan alam kali ini, para peserta menempati basecamp dari tenda yang disediakan sebagai tempat istirahat. Kegiatan ekstrem adventure kali ini memang mengutamakan kerja sama, persahabatan, dan persaudaraan.

Setiap harinya termasuk selepas peserta melibas trek dengan beragam tingkat kesulitan berbeda, semuanya bermalam di basecamp terdekat dari trek. Para peserta beristirahat, makan, dan mandi di tenda untuk menyiapkan diri melewati trek hari berikutnya.

"Selain istirahat dan makan malam, upaya perbaikan dan lainnya bisa dilakukan di basecamp sebelum lanjut ke etape atau hari berikutnya," jelas Musa Idi Shah atau Doddy, Ketua Xtrim Indonesia yang juga penggagas GIXA.