Tips Membeli Mobil Jeep Bekas

Tips Membeli Mobil Jeep Bekas

KabarOto.com - Mempunyai mobil untuk memudahkan mobilitas, tentunya menjadi keinginan setiap orang. Selain itu mobil juga mempunyai manfaat yang lain misalnya untuk bepergian atau kegiatan-kegiatan tertentu seperti liburan atau off-road. Salah satu mobil yang cocok untuk hal tersebut yaitu memilih Jeep.

Akan tetapi dengan hargannya yang mahal membuat setiap orang tidak jadi memilikinya, karena kebanyakan orang membeli mobil ini untuk hobi. Satu alternatif untuk membeli Jeep yaitu dengan membeli bekas. Apalagi untuk membeli bekas, cukup mudah karena bisa melihat pada situs jual mobil/motor bekas online.

Tetapi untuk membeli Jeep ada yang perlu di perhatikan, salah satunya yang paling utama adalah mobil tersebut di pakai off-road atau tidak?

Nah, untuk mengetahui bagaimana memilih mobil Jeep. KabarOto akan bertanya langsung kepada Om Dimas ‘jawa’ selaku kepala bengkel JHL Custom Garage yang khusus melakukan servis mobil Jeep.

Berikut tips untuk membeli Jeep bekas.

  1. Bagaimana kondisi mesin dan fisik mobil, keadaan mesin tentunya merupakan hal yang penting sebelum membeli. Periksa apakah ada kebocoran oli mesin maupun cairan pendingin. Selain itu bagaimana kondisi bodi dari mobil, seperti pada bodi apakah pernah mengalami tambarakan atau banyak baret serta penyok kecil.

Baca juga: Hasil MotoGP Assen-Belanda: Maverick Vinales Memenangkan Balapan, Valentino Rossi Jatuh Lagi

Cek kondisi bagian kolong mobil dan sasis

Tetapi hal yang paling penting lihat pada bagian sasis dan suspensi jika ada bekas tanah pada bagian lubang sasis berarti sudah sering dipakai off-road dan bagian suspensi yang sudah berubah warna di pastikan sering off-road. Jika umur mobil sudah lebih dari 3 tahun perlu cek bagian kaki-kai terutama tie-rod serta ball-joint.

“Biasanya kalau sering dipakai off-road itu terlihat pada suspensi yang berubah warna, untuk bagian sasis walaupun bisa di cat ulang cara mengetahuinya siram dengan air yang tekanannya cukup tinggi ke bagian lubang sasis disitu biasannya akan muncul tanah,” ungkap Dimas.

Baca juga: Gaikindo Terus Dukung Pemerintah Percepat Perkembangan Kendaraan Listrik

Kondisi mesin juga jangan sampai luput dari pantauan

  1. Mencari tahu harga pasaran. Jika anda ingin membeli mobil Jeep, pastikan anda mengetahui harga bekas di pasaran. Hal ini untuk mengantisipasi jika mobil yang akan dibeli kemahalan. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat mencari informasi harga mobil Jeep bekas pada situs jual beli atau bertanya kepada orang yang paham akan mobil-mobil jenis tersebut.

  2. Melakukan test drive, test drive pada Jeep bekas yang akan dibeli tentunya dapat membuat anda merasakan jika ada kerusakan atau bagian-bagian yang harus di ganti. Mulai dari menyalakan mesin apakah masih halus atau tidak, dan perlu ditanyakan kepada penjual apakah pernah turun mesin atau tidak karena Jeep terkenal akan suhu mesin yang tinggi.

Jika anda ingin membeli Jeep bekas pastikan anda melihat service record dan tidak bekas tabrak maupun banjir, karena Jeep merupakan mobil hobi anda harus merawatnya dengan baik. (Rizky Hidayat)