POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Assen-Belanda: Maverick Vinales Memenangkan Balapan, Valentino Rossi Jatuh Lagi

Hasil MotoGP Assen-Belanda: Maverick Vinales Memenangkan Balapan, Valentino Rossi Jatuh Lagi Foto: MotoGP.com

KabarOto.com - Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) meraih kemenangan pertamanya bersama Yamaha pada musim ini setelah balapan ketatnya pada hari Minggu sore (30/06) di Sirkuit Assen, Belanda.

Pembalap Spanyol ini mengalahkan Marc Marquez (Tim Repsol Honda) yang berada di tempat kedua dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) yang merebut tempat ketiga.

Quartararo tidak membuat awal yang buruk dari posisi terdepan, tetapi dua Yamaha melesat ke depan ketika bendera start dikibarkan untuk balapan MotoGP.

Baca juga: Penampakan Sirkuit Mandalika dalam Proses Pembangunan

Pembalap Prancis, Fabio Quartararo meraih tempat ketiga

Menyelesaikan sepuluh besar adalah Jack Miller (Pramac Racing), sebelumnya pembalap Australia tersebut telah meraih kemenangn di Assen pada 2016. Andrea Iannone (Tim Balap Aprilia Gresini) mendapatkan hasil terbaiknya musim ini dengan finis urutan 10.

Nasib kurang menyenangkan pada Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), mereka berdua terlibat dalam tabrakan bersama di tikungan 8 pada putaran 5. Hal serupa terjadi pada Karel Abraham (Reale Avintia Racing) juga jatuh, sementara Johann Zarco (Red Bull KTM Factory Racing) harus meninggalkan lomba akibat gangguan pada motornya.

Baca juga: Jadi Biang Kerok Jatuhnya Tiga Pembalap, Lorenzo Meminta Maaf

Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, kurang maksimal pada balapan kali ini

Pembalap tim Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci harus puas berada di posisi 4 dan 6. Finis berurutan pun gagal karena Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) sanggup memberikan perlawanan terhadap dua motor Ducati tersebut.

Duduk sebagai salah satu favorit pada sesi latihan, Alex Rins (Suzuki Ecstar) balapannya berakhir di putaran sembilan. Pertempurannya dengan Fabio Quartararo terlihat seru, namun pertempurannya usai ketika pada sebuah tikungan Rins terjatuh. Selanjutnya Joan Mir (Suzuki Ecstar) terlalu melebar ditikungan, dan membiarkan Quartararo melewatinya.

Dengan finis dua pembalap yang menggunakan Yamaha, semakin memperjelas karakter motor Yamaha yang memang sangat cocok untuk sirkuit yang sarat akan tikungan dan belokan. Sirkuit berkarakter high speed merupakan makanan empuk bagi motor Honda dan Ducati.

Hasil MotoGP Assen-Belanda

1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP)
2. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 4.854
3. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) + 9.738
4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 14.147
5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 14.467
6. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 14.794
7. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 18.361
8. Joan Mir (Team Suzuki Ecstar) + 24.268
9. Jack Miller (Pramac Racing) + 26.496
10. Andrea Iannone (Aprilia Racing Team Gresini) + 26.997