POPULAR STORIES

Gaikindo Terus Dukung Pemerintah Percepat Perkembangan Kendaraan Listrik

Gaikindo Terus Dukung Pemerintah Percepat Perkembangan Kendaraan Listrik Kendaraan listrik masa depan

KabarOto.com - Industri otomotif Indonesia memberikan dukungan penuh untuk pemerintah dalam program percepatan pengembangan kendaraan listrik. Sejumlah pelaku industri otomotif di Indonesia, telah melakukan proyek percontohan untuk kendaraan listrik.

Kukuh Kumara selaku sekretaris Umum Gaikindo, pertumbuhan penggunaan kendaraan berbasis EV ini sangat bergantung pada pasar Indonesia, permintaan dapat tumbuh bila penawaran kendaraan EV dapat bersaing dengan kendaraan konvensional.

Baca Juga: Bermanfaat, Ini Event Gaikindo Sebelum GIIAS 2019

"Pembangunan infrastruktur pendukung dan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station yang membutuhkan waktu juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi, terangnya dalam acara GIIAS Talk x Blibli.com kawasan Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan.

GIIAS Talk x Blibli.com kawasan Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan.

Sementara menurut Kukuh, perkembangan teknologi kendaraan semakin canggih dan ramah lingkungan, termasuk teknologi bahan bakar. Hal ini memungkinkan kendaraan Internal Combustion Engine (ICE) menggunakan bahan bakar yang tidak berasal dari fosil, yang saat ini ketersediaannya semakin menipis.

Indonesia juga menurutnya sudah menjadi bagian dari pergerakan ini dengan rencana pemerintah mengembangkan teknologi bahan bakar minyak ramah lingkungan (green fuel), bahan bakar yang berasal dari sumber daya alam nabati, yakni sawit, dari sisi bahan baku penggunaan bio fuel tersebut sangat memungkinkan, karena beberapa daerah di tanah air merupakan penghasil sawit terbesar di dunia.

“Pengembangan green fuel ini disambut baik oleh Gaikindo. Pasalnya, ketersediaan beragam sumber green fuel di Indonesia, dan dari sisi spesifikasi mesin tidak perlu perubahan yang signifikan.” jelas Kukuh.

Baca Juga: Mobil Audi Ikut Aksi di Film Charlie’s Angels Terbaru

Kukuh menambahkan, Gaikindo mendukung perkembangan otomotif dan industri otomotif masa depan dan mengambil peran penting dalam perkembangan kemajuan industri tersebut, dan lewat penyelenggaraan GIIAS 2019, Gaikindo berada dibarisan terdepat untuk memberikan informasi dan edukasi awal tentang berbagai inovasi dari industri otomotif, sehingga Indonesia siap menyambut perubahan positifnya.