Gokil Honda Civic Lawas Pakai Mesin Integra

Gokil Honda Civic Lawas Pakai Mesin Integra Sumber : Speedhunters.com

KabarOto.com – Umumnya mobil lawas biasanya akan sengaja dibiarkan standar seperti barunya pada masanya. Namun sepertinya rasa ingin membuat mobil lawas kencang tidak bisa dibendung oleh Juan Selguero, yang memodifikasi Honda Civic tahun 1978 miliknya agar bisa berlari lebih cepat.

Basisnya sendiri adalah Honda Civic hatchback versi USDM generasi pertama, atau yang kita kenal di Indonesia sebagai Civic koper/bongkok. Sang owner mendapatkan mobil ini dari neneknya pada usia 16 tahun, dan baru pada umur 25 tahun ia bisa mewujudkan ide-ide untuk memodifikasi, karena pemasukan sudah mulai stabil.

Ubahan yang dilakukan pertama tentu pada bagian eksterior, restorasi dilakukan segala sisi mengingat umur mobil tersebut sudah lebih dari 3 dekade. Ubahan body juga dilakukan seperti widebody 1,5 inci di depan dan 3 inci belakang demi terpasangnya pelek lebih lebar. Dipermanis lagi finishing warna Lexus Gray sehingga walau tua tampilan tetap segar.

Baca Juga : Deretan Honda Civic Hatchback Yang Pernah Dijual Di Indonesia

Soal kaki-kaki, Juan menggunakan pelek model Mugen MR5 dengan warna hitam lips silver, berbalut ban sem-slick Nankang AR-1. Lalu sistem pengereman juga di-upgrade memakai kepunyaan Honda NSX karena diameter kaliper lebih besar, agar pengereman makin maksimal. Lengkapnya lagi, suspensi juga sudah menggunakan coilover BC Racing sehingga memudahkan untuk mengatur tinggi rendah dan bantingan suspensinya, serta tentunya akan lebih regid ketika bermanuver.

Baca Juga : Toyota Starlet XL, Hatchback 3 Pintu Paling Hits Di 1980an

Paling menarik ada di balik kap mesin nih, karena kita tidak akan menemukan mesin bawaan EB1 atau ED3 lagi, yang hanya bisa menghasilkan 50-53 dk saja. Tapi sudah diganti mesin B18C1 kepunyaan Honda Integra tahun 1998. Ada beberapa ubahan dilakukan demi performa maksimal, misalnya saja Edelbrock Victor X intake manifold, lalu pipa intake diperpendek, open filter, fuel rail AEM, dan masih banyak lagi.

Hasilnya? Mesin tersebut mampu memproduksi tenaga 216 dk, terbilang sangat besar untuk membawa mobil dengan bobot hanya 635 kg saja.

Masuk ke interiornya, Juan masih mempertahankan bentuk standar dari panel interior, speedometer, radio model jadul, dan jangan harap ada fitur hiburan canggih seperti mp3, DVD, Bluetooth dan sebagainya karena sudah pasti tidak ada. Hanya saja ada setir diubah model racing palang 4, lalu gauges AEM Electronics air/fuel ratio , dan shifter K-Tuned agar bisa menyesuaikan konsep modifikasinya.

Buat Sobat KabarOto yang masih punya Civic Koper bisa nih aplikasiin ke mobilnya, jadi gahar Sob!