POPULAR STORIES

Goodyear Tampilkan Ban Baru Di CES 2023, Terbuat Dari 90% Bahan Alami Ramah Lingkungan

Goodyear Tampilkan Ban Baru di CES 2023, Terbuat dari 90% Bahan Alami Ramah Lingkungan Ban Goodyear terbuat dari bahan alami (Foto: Dok Goodyear)

KabarOto.com - Goodyear Tire and Rubber Company menampilkan ban baru di Consumer Electronics Show (CES) 2023, Las Vegas, Amerika Serikat. Terbuat dari 90% bahan alami ramah lingkungan.

Ban ini rencananya akan diproduksi, dan sudah mendapat persetujuan dari Departemen Transportasi (DOT). Karet bundar buatan Goodyear yang memuai para pengunjung, sebelumnya hadir menggunakan 70% bahan ramah lingkungan.

Meskipun telah disetujui DOT, namun untuk memproduksi secara massal, Goodyear, masih melihat basis pasokan material produksi seberapa banyak yang diperlukan, untuk mengidentifikasi produksi berskala besar.

Baca Juga : Sederhana Tapi Wajib, Ini Fungsi Center Ring Untuk Pelek Aftermarket

Terbuat dari dari 17 bahan, di 12 komponen berbeda. Memiliki 4 jenis karbon yang dihasilkan dari metana, karbon dioksida, minyak nabati, dan bahan baku minyak pirolisis, diambil dari ban bekas. Minyak nabati dari kedelai, berfungsi untuk membuat karet ban lentur saat terjadi perubahan suhu.

Lalu silika baru yang digunakan terbuat, dari residu limbah sekam padi, atau hasil dari penggilingan padi. Serta polyester ban berasal dari botol bekas, sedangkan resin diganti menggunakan bahan pohon pinus.

Ban ini juga dibuat dengan pola alur simetris, sehingga cocok untuk penggunaan harian, karena mengurangi suara bising di jalan.

Lalu treadwear-nya 280 lumayan untuk menempuh jarak yang mungkin tidak terlalu jauh, serta traction-nya pun cukup baik yakni A, dan kemampuan melepas panas ban atau temperaturnya B.

Baca Juga : Cara Cek Dan Kenali Seputar Ban Kendaraanmu Sebelum Libur Tahun Baru

"Januari lalu, kami mengumumkan ban dengan 70% bahan berkelanjutan, dan sementara kami merayakan pencapaian ini, kami tahu itu menjadi fondasi bagi kami untuk terus maju," kata Chris Helsel, wakil presiden senior, operasi global, dan kepala teknologi petugas.