POPULAR STORIES

Cara Cek Dan Kenali Seputar Ban Kendaraanmu Sebelum Libur Tahun Baru

Cara Cek dan Kenali seputar Ban Kendaraanmu Sebelum Libur Tahun Baru Kipli/ KabarOto/ Lifepal

KabarOto.com - Memilih ban mobil penting untuk diketahui oleh Sobat pemilik kendaraan. Jika ban mobil tidak tepat, dapat dipastikan kenyamanan dalam berkendara pun menjadi berkurang.

Tak heran, platform asuransi Llifepal mengklaim, bahwa ban yang tidak ideal merupakan salah satu kontributor terbesar dari penyebab kecelakaan.

Benny Fajarai selaku Co-Founder dari Lifepal membantu kenali jenis ban yang tepat. Misalnya ban tubeless, kelebihannya lebih tahan udara, tidak mudah kempes sekalipun tidak memakai ban dalam.

Ban bias adalah ban yang terbuat dari lembaran cord yang ditenun dengan pola zig-zag yang membentuk sudut 40 sampai 65 derajat terhadap keliling lingkaran ban.

Ban radial adalah ban yang terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang di bagian lingkar ban. "Jenis ban ini cocok dipakai pada kendaraan yang membawa penumpang maupun pada truk bermuatan ringan," ujarnya.

Baca juga: Begini Tips Agar Turbocharger Punya Umur Panjang

Ban RFT (Run Flat Tyre) adalah ban yang tetap bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun tanpa dalam keadaan kempes. Jenis ini diklaim mampu melaju dalam tekanan 0 hingga 80 kpj dengan kecepatan mencapai 80 kpj.

All Terrain adalah ban yang didesain khusus agar tahan dalam melaju di medan yang dipenuhi kerikil, tanah, atau bahkan berair. Ban ini cocok untuk mobil jenis offroad.

Umumnya, masing-masing tipe ban terdiri dari kombinasi kode yang menunjukan penggunaannya.

"Misalnya kode ban mobil P 215/55 R17 93V yang mana P berarti Passenger. Kode P pada ban ini dibuat untuk mengangkut orang atau penumpang," sambungnya.

Ada juga kode ‘R’ untuk ban berjenis radial, kode LT yang artinya Light Truck untuk membawa barang muatan, “ST’ yang artinya Spesial Trailer, dan juga kode ‘T’ alias Temporary yang menunjukan ban cadangan.

Baca juga: Jangan Sampai Celaka, Ini Tips Berkendara Sepeda Motor Di Cuaca Ekstrem

ban AT biasa digunakan untuk semua medan

Misalnya pada kode P 215/55 R17 93V. Angka 215 menunjukan lebar telapak ban dalam satuan milimeter yang berpengaruh pada peningkatan performa dan kecepatan. Angka 55 menunjukan ketebalan dibandingkan lebar telapak ban berupa rasio ban dalam persentase. Artinya tebal ban adalah 55% dari 215 milimeter.

Jika tebal semakin besar, maka keseimbangannya pun lebih terjaga. Sementara itu huruf R adalah kriteria ban radial, lalu angka 17 menyatakan diameter pelek dalam satuan inci.

Adapun 93V adalah kapasitas maksimum beban dan batas kecepatan yang aman untuk dioperasikan. Angka 93 memiliki indek kemampuan daya pikul (load index) untuk tiap ban. Kemudian huruf V melambangkan kecepatan maksimal sebesar 240 kpj.

Tahun pembuatan ini dapat dilihat dari empat digit nomor yang tertera di sisi luar dinding ban. Contohnya 3519 yang berarti ban tersebut diproduksi pada minggu ke-35 tahun tersebut, lalu dua angka di belakang yaitu 19 adalah tahun pembuatan, yakni 2019.