POPULAR STORIES

Sederhana Tapi Wajib, Ini Fungsi Center Ring Untuk Pelek Aftermarket

Sederhana Tapi Wajib, Ini Fungsi Center Ring Untuk Pelek Aftermarket Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Mungkin nama barang ini jarang terdengar, center ring. Jadi salah satu barang wajib ketika Sobat KabarOto mengganti pelek mobil dengan model aftermarket.

Perlu diketahui ukuran hub dari mobil itu berbeda dengan ukuran pelek aftermarket. Di pelek aftermarket biasanya ukuran center bore lebih besar ketimbang hub mobil. Tujuannya agar pelek bisa digunakan di berbagai mobil asal ukuran lubang PCD-nya sama.

Center ring akan terpasang di bagian hub roda yang dilingkari merah.

Kegunaan center ring sendiri mengisi celah antara hub mobil dan center bore pelek aftermarket. "Center ring berfungsi untuk pengisi celah antara tonjolan hub mobil dan center bore pelek. Sehingga pelek bisa terpasang sempurna, dan tidak bertumpu pada baut dan mur," ujar Yopie selaku punggawa SM Motorsport.

Baca Juga : Tinggal Mobil Saat Nataru? Tidak Usah Copot Aki Sob!

Lalu apa dampaknya jika mobil mengganti pelek tanpa pasang center ring? Apabila digunakan dalam kondisi jalanan baik, kecepatan normal dan jarang di tol mungkin tidak akan berpengaruh secara signifikan.

Contoh bentuk center ring.

Tapi kalau mobil mungkin sering dibawa ke tol dengan kecepatan tinggi, lalu melewati jalanan bergelombang atau mungkin tidak sengaja melewati lobang, kemungkinan setir akan terasa bergetar, kasus paling parah ialah baut roda bisa patah, atau pelek retak.

Baca Juga : Pasca Ganti Pelek Aftermarket Mobil Terasa Bergetar? Perhatikan Hal Ini!

Ukuran center ring setiap mobil berbeda, jadi jangan sampai salah beli ukuran Sob! Soal harga cukup terjangkau sekitar Rp 50 - 150 ribuan per 4 buah.