Tinggal Mobil Saat Nataru? Tidak Usah Copot Aki Sob!

Tinggal Mobil Saat Nataru? Tidak Usah Copot Aki Sob! Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Sebentar lagi liburan Natal dan Tahun Baru 2023 tiba, bagi Sobat KabarOto yang ingin liburan namun tidak menggunakan mobil pribadi, artinya mobil akan ditinggal dalam waktu cukup lama.

Lalu pertanyaan yang sering terlintas, apakah perlu pemilik mobil mencopot kabel aki saat mobil ditinggal lama?

Baca juga: Bisa Dilakukan Mandiri, Cek Mobil Sebelum Berlibur Akhir Tahun

Rasa khawatir sebagian pemilik mobil adalah aki soak atau lemah setelah pulanb dari liburan. Namun hal itu tampaknya kurang tepat, karena menurut Hardy selaku punggawa Top Setup Kustom, aki tidak perlu dicopot jika memang kondisi aki sehat.

"Kalau aki sehat tidak ada kebocoran listrik dan sebagainya, ditinggal sekitar dua minggu pun masih aman. Kalau orang liburan Nataru mungkin hanya beberapa hari kan, itu masih aman,” jelas Hardy.

Namun berbeda cerita, ketika Sobat KabarOto memasang beberapa aksesori tambahan. Menurut Hardy aksesori paling membuat aki soak atau lemah itu adalah alarm atau lampu variasi. Kalau memang mobil anda menggunakan aksesori semacam itu, maka baiknya terminal dicopot.

Baca juga: Tips Memilih Lampu LED Untuk Mobil Atau Motor

Bagian headunit reset saat terminal aki positif dicopot.

Serta perlu diingat, terminal yang dicopot bagian negatif, tidak perlu positif. Sebab beberapa komponen perlu mendapat arus listrik misalnya head unit, kalau tidak maka saat dipasang kembali komponen itu akan ter-reset.