POPULAR STORIES

Grab Dorong Mitranya Gunakan Motor Listrik

Grab Dorong Mitranya Gunakan Motor Listrik Pengemudi Grab sedang menukarkan baterai motor listrik di SPBKLU

KabarOto.com - Grab Indonesia, penyedia jasa transportasi online sudah mulai menggunakan kendaraan listrik dalam melayani konsumennya. Mitra-mitra Grab saat ini sudah mulai menggunakan motor, mobil listrik dan juga e-scooter. Untuk motor, mitra hanya bisa mengantar makanan dan barang saja, dengan jarak yang pendek.

Grab menerapkan sistem sewa harian untuk mitra yang ingin menggunakan kendaraan tersebut. Sementara, untuk pengantaran penumpang masih menggunakan kendaraan konvensional.

Baca Juga: Gandeng Kymco, Grab Hadirkan Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik Di Tangerang

Stephanus Widi, Head of EV Business, Grab Indonesia mengatakan, ke depan pihaknya akan menggunakan kendaraan listrik untuk semua layanan, termasuk pengantaran penumpang. "Kami terbuka untuk kerjasama dengan pelaku industri yang fokus memajukan teknologi listrik," terangnya, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Mitra Garb gunakan Kymco Agility untuk mengantar barang dan makanan

Karena, menurut dia, kendaraan listrik akan memberi impact kepada perekonomian dan juga mitra Grab.

"Untuk perawatan kendaraan listrik sangat minim, tidak beli bensin juga, impactnya sangat bagus untuk mitra kami," terangnya.

Dengan kata lain pendapatan mitra Grab bisa lebih banyak dibandingkan menggunakan motor konvensional.

Apalagi saat ini, sudah ada Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di beberapa wilayah di Jabodetabek, hasil kerjasama Kementerian ESDM dan pihak swasta serta BUMN seperti PLN.

Lalu, dengan produsen kendaraan lisyrik manakah Grab akan bekerjasama? Pria yang biasa disapa Widi ini, mengaku terbuka untuk semua partner.

"Terbuka untuk semua, yang penting kata kunci bisa tumbuh dengan cepat," tambah dia.

Grab sendiri bekerjasama dengn Kymco menghadirkan SPBKLU untuk mensuport mitra Grab yang menggunakan motor listrik Kymco. di Tangerang, Banten. Pengemudi yang baterainya habis bisa langsung menukarkan dengan baterai yang sudah terisi di rak. Grab menggunakan 20 unit Kymco Agility EV dan Kymco Like EV

Baca Juga: Grab Gunakan 20 Kymco Listrik Untuk Mitranya Di Tangerang

"Kami punya 8 slot rak di SPBKLU, bisa ditukar dengan baterai lain," ujar Widi. Di dalam rak tersebut, bateri akan diisi secara portable, dan jika tanda hijau pada baterai sudah terlihat, maka bisa digunakan. "Kalau masih merah berarti masih dalam pengisian," tuturnya.