Grab Gunakan 20 Kymco Listrik Untuk Mitranya Di Tangerang

Grab Gunakan 20 Kymco Listrik untuk Mitranya di Tangerang Kymco Like EV digunakan untuk mengantar barang dan makanan mitra Grab

KabarOto.com - Dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengurangi polusi di Indonesia, Grab sudah mulai menggunakan kendaraan listrik untuk mitranya. Grab mengklaim, ada 5.000 kendaraan listrik yang sudah beroperasi di Indonesia, mulai dari e-scooter, sepeda, motor dan mobil listrik.

Hyundai Ionic dipilih untuk mitra Grab Car, Viar dan Selis untuk mitra Grab Bike mengantarkan makanan dan barang. Baru-baru ini, Grab juga menggunakan motor listrik Kymco Agility dan Kymco Like untuk mitra-mitranya di wilayah Tangerang dan sekitarnya. Ada 20 unit Kymco listrik yang digunakan oleh Grab.

Baca Juga: Gandeng Kymco, Grab Hadirkan Stasiun Penukaran Baterai Motor Listrik Di Tangerang

Mitra Garb gunakan Kymco

Presentasenya untuk dua motor listrik tersebut, belum bisa disebutkan. Hanya mitra terpilih saja dan memiliki peforma bagus yang bisa menggunakan motor listrik tersebut.

"Sifatnya kendaraan dengan model sewa, dengan mitra Grab yang mau mencoba," terang Stephanus Widi, Head of EV Business, Grab Indonesia.

Grab memberikan kesempatan untuk mitra mencoba kendaraan listrik, dengan melakukan sewa (rental) harian. Tujuannya agar mendapatkan manfaat dari kendaraan listrik. "Menggunakan motor listrik seperti apa, dan untuk harian seperti apa, tentu ada bedanya dengan motor konvensional," terang Stephanus kepada KabarOto.com, Rabu (04/11).

Kerjasama dengan pabrikan asal Taiwan ini bukan pertama kali, karena menurut dia, Kymco bagian dari investor dari Grab. Kymco menaruh capital investment di Grab, dan ini bentuk kerjasama strategis.

Mitra Grab menukarkan baterai di SPBKLU

"Grab memfokuskan pada ekosistemnya, kemudian Kymco membawa teknologi hardware yang sudah sukses diimplementasikan di Taiwan," terangnya.

Teknologi yang diterapkan salah satunya adalah Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang. Mitra Grab yang menggunakan motor listrik bisa menukarkan baterainya di SPBKLU ini.

Stephanus juga menuturkan, mitra yang ingin mencoba bisa melakukan pendaftaran di Grab. Perihal berapa biaya sewanya satu hari, dia masih belum bisa menyebutkan. "Karena masih ada perhitungan khusus untuk mitra kita," tegasnya.

Baca Juga: Berdayakan Ojol, Urus Administrasi Kependudukan Tangerang Selatan Bisa Lewat GrabExpress

Motor listrik merek Kymco dan Viar yang digunakan mitra, hanya untuk pengantaran barang dan makanan saja. Dua layanan itu dipilih, karena dalam masa PandemIk Covid-19 seperti saat ini, permintaannya paling tinggi. "Trial untuk pengantaran barang dan makanan, karena paling tinggi di masa Pandemik," jelasnya lagi.