POPULAR STORIES

Great Wall Motors Segera Akusisi Pabrik Nissan Di Spanyol

Great Wall Motors Segera Akusisi Pabrik Nissan di Spanyol

KabarOto.com – Meskipun kondisi perekonomian global tengah dihantam pandemik Covid-19, tidak membuat pabrikan mobil asal Tiongkok, Great Wall Motors (GMW) untuk semakin memperluas jangkauan bisnisnya.

Setelah mengakusisi pabrik General Motors di Thailand, Great Wall Motors semakin agresif dengan berencana membeli fasilitas perakitan Nissan yang berlokasi di Barcelona, Spanyol.

Baca Juga : Nissan Z Bakal Hadir Di Australia, Harga Masih Teka-Teki

Sebagai informasi, pabrik General Motors yang berlokasi di Rayong, Thailand, memiliki kapasitas perakitan kendaraan konvensional sebanyak 180.000 unit dan produksi berkapasitas sekitar 120.000 unit. Untuk fasilitas ini, GWM berencana membuat kendaraan listrik, termasuk pabrik pembuat baterainya.

Sementara itu, pabrik Nissan di Barcelona akan berhenti beroperasi pada Desember 2021, sebagai bagian dari restrukturisasi global Nissan. Menurut kabar, pemerintah Spanyol dan Nissan akan melakukan pembicaraan dengan GWM terkait hal ini.

Baca Juga : E-Power, Strategi Nissan Hadapi Ketatnya Persaingan Pasar Otomotif Di Indonesia

Langkah GWM tidak berhenti sampai di situ. Menurut kabar lain, GWM tengah mencari fasilitas pabrik dengan kapasitas yang lebih besar. Bahkan, raksasa otomotif asal Tiongkok ini akan mempertahankan 1.300 karyawan dari total 3.300 karyawan di pabrik Nissan di Spanyol.

Selain bernegosiasi dengan GWM, Nissan juga berkomunikasi dengan pabrikan sepeda motor listrik asal Spanyol, Silence dan QEV Technologies yang saat ini memimpin pusat produksi kendaraan listrik.