POPULAR STORIES

Gunakan CVT Baru, Honda PCX 160 Tidak Akan Gredek?

Gunakan CVT Baru, Honda PCX 160 Tidak akan Gredek? All New Honda PCX 160

KabarOto.com - All New Honda PCX 160 resmi diperkenalkan. Motor ini digadang-gadang bakal menghentikan laju Yamaha NMax 155 yang penjualannya lebih banyak dari Honda PCX 150.

Honda pun mengubah komponen dari motor ini, mulai dari mesin sampai Continuously Variable Transmission (CVT). Jumpei Omori selaku Large Project Leader Honda Motor Co.Ltd, ubahan pada bagian pulley, lebih besar dari PCX 150.

Baca Juga: Perbedaan Suspensi Honda PCX 160 Dengan PCX 150

Pernyataan Omori juga didukung dengan Technical Division Astra Honda Motor (AHM), Ade Muhajir. Dia menyatakan, ubahan pada rumah pulley, ukurannya lebih besar dari PCX 150. Rollernya juga menurut Ade berbeda, PCX 160 menggunakan berat 19 gram, PCX 150 hanya 17 gram.

"Diameter roller masih sama, cuma beratnya agak berbeda," terangnya. Beratnya roller, akan performa motor lebih maksimal untuk mencapai top speed, dan napas menjadi lebih panjang.

Motor ini juga menggunakan kruk as, dengan tambahan roller bearing di sisi kanannya. Ini bisa mengurangi getaran pada mesin saat motor berada di kecepatan tinggi atau rendah.

"Putaran mesin tinggi kemungkinan akan terjadi defleksi akibat momen inersia," jelas Ade. Roller bearing menurut dia, bisa mengurangi daya potensi, dan meningkatkan performa motor.

Baca Juga: Detail Ubahan Mesin All New Honda PCX 160, Beda Dengan PCX 150

Saat ditanya tentang gredek-gredek pada bagian CVT yang dialami pemilik Honda PCX 150, Endro Sutarno, Technical Service Division AHM mengatakan, sudah ada perbaikan di sistem CVT secara keseluruhan. Belum ada informasi lebih detail ubahan diameter mangkuk untuk CVT-nya.

Saat kami melihat langsung, mangkuk kopling CVT hanya ada dua lubang. Ade memastikan, tidak akan ada lagi debu yang menempel di ruang mangkuk dan sisa kampas dapat terbuang langsung.

Jika Sobat KabarOto punya Honda PCX 150 dan ingin mengganti komponen CVT, hal itu tidak bisa dilakukan. Karena dimensi dan berat dari beberapa komponen berbeda, sehingga komponen ini tidak bisa ditukar ke PCX 150.