Perbedaan Suspensi Honda PCX 160 Dengan PCX 150

Perbedaan Suspensi Honda PCX 160 dengan PCX 150 Sokbreker All New Honda PCX 160

KabarOto.com - Astra Honda Motor (AHM) resmi memperkenalkan dan menjual All New Honda PCX 160 untuk masyarakat Indonesia. Banyak hal baru yang disematkan pada motor ini, dalam artian tidak sama dengan PCX 150. Salah satu ubahan yang dilakukan sokbreker. Model ini dibekali dengan sokbreker yang terlihat lebih kokoh dari PCX 150.

Jumpei Omori selaku Large Project Leader PCX 2021, dari Monozikuri sebagai Center Motorcycle Business Headquarter Honda Motor Co Jepang, menjelaskan saat peluncuran, virtual, beberapa waktu lalu. Suspensi belakang, menurut dia, sudut pemasangan antara link engine dan suspensi dioptimalkan untuk meningkatkan kenyamanan pengendara.

Baca Juga: Detail Ubahan Mesin All New Honda PCX 160, Beda Dengan PCX 150

Ilustrasi ubahan suspensi All New Honda PCX 160 (Foto: AHM)

Menurutnya, spring (per) pada suspensi belakang PCX 160 dimensinya lebih lebar. "Kami lakukan inovasi, supaya kinerja suspensi baru ini jadi lebih halus," terangnya saat presentasi di hadapan media.

Selain pernya lebih lebar, sokbreker Honda PCX 160 belakang ini lebih panjang 15 mm dari PCX 150, yaitu 365 mm, sehingga lebih tinggi dari PCX 150 yaitu 350 mm. Axle stroke PCX 160 juga lebih panjang 10 mm menjadi 95 mm. Dengan bekal ini, PCX 160 dinilai mampu menahan redaman di jalan yang kasar.

Di tempat terpisah, Endro Sutarno, Technical Service Division AHM menambahkan, karena desain frame dan enginenya baru, maka dudukan sokbreker belakang disesuaikan, lebih panjang dari model sebelumnya.

"Diameter besi ulir lebih besar, dari 6,45mm menjadi 6,7mm," terangnya saat dihubungi Kabaroto. Dia mengaku memang lebih keras dari model sebelumnya, tapi sudah disesuaikan dengan desain frame dan mesin yang baru.

Sokbreker depan juga berubah, ukuran per lebih panjang dari PCX 150

"Peredaman jadi lebih baik, semakin nyaman digunakan," tambah Endro lagi. Dia menambahkan, All New Honda PCX 160 ini sekarang menggunakan dust cover, sehingga meningkatkan ketahanan terhadap debu.

Baca Juga: Honda PCX 150 Akan Dihentikan Produksinya

Lalu ada perbedaan sokbreker Honda PCX 160 dengan PCX 150?

Menurut Endro, spring (per) lebih panjang. "Sokbreker depan ada perbedaan, untuk spring lebih panjang dan volume minyak lebih sedikit," tutup Endro.